AAM AMALIYAH, . (2017) PENGARUH PENGUASAAN STRUKTUR KALIMAT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI (Survei Pada Siswa Kelas V SD Negeri di Wilayah Gugus I Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
4 LEMBAR PERSETUJUAN YUDISIUM MAGISTER.pdf Download (197kB) |
|
Text
1 ABSTRACT.pdf Download (88kB) |
|
Text
0 COVER.pdf Download (95kB) |
|
Text
7 KATA PENGANTAR.pdf Download (195kB) |
|
Text
8 DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
|
Text
12 BAB I.pdf Download (163kB) |
|
Text
15 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
|
Text
16 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
|
Text
14 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text
13 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
|
Text
27 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
Abstract
The objective of this research was to understand comprehensively the effect of sentence structure mastery and critical thinking ability on narrative writting skills. This research was conducted in Cipondoh sub district of Tangerang from November to December 2016. The methodology of this research is a survey method to form the casual path analysis. Samples were selected using cluster random sampling technique, and there are 185 students who enrolled in this research. Data was collected by test and questionnaire and then it was analyzed to prove the hypothesis. The data analysis and interpretation indicated that (1) sentence structure mastery has positive influence on narrative writting skills, it means that a better sentence structure mastery of the students will lead to a better narrative writting skills (2) critical thinking ability has positive influence on narrative writting skills, it means that a better critical thinking ability of the student will lead to a better narrative writting skills, and (3) sentence structure mastery has positive influence on critical thinking ability, it means that a better sentence structure mastery of the students will lead to a better critical thinking ability of students. The implication of this research was narrative writting skills could affect sentence structure mastery and critical thinking ability. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai pengaruh penguasaan struktur kalimat dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis narasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang pada bulan November sampai dengan Desember tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis jalur (path analysis). Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yang kemudian terdapat 185 siswa yang dilibatkan dalam penelitian. Pengambilan data diperoleh melalui tes yang kemudian dianalisis untuk membuktikan hipotesis. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) penguasaan struktur kalimat berpengaruh langsung positif keterampilan menulis narasi, artinya semakin baik penguasaan struktur yang dimiliki siswa maka semakin baik juga keterampilan menulis narasi, (2) Kemampuan berpikir kritis berpengaruh langsung positif terhadap keterampilan menulis narasi, artinya semakin baik kemampuan berpikir kritis siswa maka semakin baik juga kemampuan keterampilan menulis narasi, dan (3) penguasaan struktur kalimat berpengaruh langsung positif terhadap kemampuan berpikir kritis, artinya semakin baik penguasaan struktur kalimat siswa maka semakin baik juga kemampuan berpikir kritis. Implikasi dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa keterampilan menulis narasi siswa dapat mempengaruhi penguasaan struktur kalimat dan kemampuan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd ; 2). Dr. Miftahul Khaerah, M. Hum |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 14626 not found. |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:50 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31807 |
Actions (login required)
View Item |