PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN KETERAMPILAN JASA (TATA BUKU) DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 274 JAKARTA BARAT

ROHANAH, . (2013) PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN KETERAMPILAN JASA (TATA BUKU) DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 274 JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_ROHANAH _8105099703.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII (Delapan) di SMP Negeri 274 Jakarta. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian analisis data kuantitatif dan kualitatif dalam pengumpilan analisis data, hasil analisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat, dan angka-angka yang dipisah-pisahkan menurut katagori untuk memperoleh kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dokumen, diskusi dan wawancara. Hasil analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif menunjukkan bahwa: (a) pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII (Delapan) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 274 Jakarta Barat. (b) Peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa dari siklus 1 meningkat pada siklus 2 dan siklus 3. (c) Peningkatan keaktifan, kerjasama dan keberanian siswa dari siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Hal ini dapat diambil kesimpulan pembelajaran kooperatif yang benar dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran keterampilan Jasa (Tata Buku). Hasil belajar siswa melalui uji kompetensi menunjukkan peningkatan yaitu pada siklus 1 uji kompetensi siswa mencapai KKM hanya 12 siswa, tidak mencapai KKM 20 Siswa dengan nilai rata-rata 67,9 meningkat pada siklus 2 yaitu siswa memcapai KKM yaitu 21 siswa, tidak mencapai KKM 11 Siswa dengan nilai rata-rata 74,2 dan pada siklus 3 siswa mencapai KKM yaitu 29 siswa dan tidak mencapai KKM 3 siswa dengan nilai rata-rata 78,1. Kesimpulan penelitian tindakan kelas ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, keaktifan, kerjasama dan keberanian siswa terhadap pembelajaran keterampilan jasa (tata buku ) dari siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. ***** This study aimed to describe the ability of teachers to improve student learning outcomes VIII (Eight) in junior high school Negeri 274 Jakarta. This study uses a form of data analysis research in leverage quantitative and qualitative data analysis, the results of descriptive analysis using qualitative and quantitative techniques are described with words or sentences, and the figures are split by category for the conclusion. Data collection using observation techniques documents, discussions and interviews. Results of qualitative and quantitative descriptive analysis showed that: (a) cooperative learning can improve student learning outcomes in class VIII (Eight) Junior High School 274 West Jakarta District. (b) Significant improvement of student learning outcomes increase in cycle 1 cycle 2 and cycle 3. (c) Increased activity, cooperation and courage students from cycle 1, cycle 2 and cycle 3. It can be concluded that true cooperative learning can improve student learning outcomes to learning skills services (Tata Books). Student learning outcomes through competency testing showed an increase in the on cycle 1 test students' competence reaches KKM only 12 students, did not reach the KKM 20 students with a mean value of 67.9 increase in cycle 2 the students reaching the KKM is 21 students, did not reach the KKM 11 students with average values of 74.2 and in cycle 3 students achieving KKM is 29 students and not reach KKM 3 students with average value 78.1. The conclusion of this class action to improve student learning outcomes, activity, cooperation and courage students to service learning skills (grammar book) from cycle 1, cycle 2 and cycle 3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Corry Yohana, M. M, ; 2). Drs. Nurdin Hidayat, M. M. M. Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2022 06:25
Last Modified: 03 Aug 2022 06:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32253

Actions (login required)

View Item View Item