PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MUATAN PELAJARAN IPS MELALUI METODE INKUIRI DI SDN RAWAMANGUN 01 JAKARTA TIMUR

SARIYATI MONIKA BULU, . (2018) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MUATAN PELAJARAN IPS MELALUI METODE INKUIRI DI SDN RAWAMANGUN 01 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
KAVER.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk menerapkan metode inkuiri dalam kegiatan pembelajaran muatan IPS sebagai suatu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran IPS. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis mengadakan penelitian di Sekolah Dasar Negeri Rawamangun 01 Jakarta Timur. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2017 dengan subjek penelitian berjumlah 33 orang siswa yang duduk di kelas V. Penelitian dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: motivasi belajar siswa terhadap pelajaran IPS mengalami peningkatan dari pra tindakan atau pengukuran kemampuan awal siswa dengan skor rata-rata 59,63%, pada siklus I mengalami peningkatan dengan skor rata-rata yang diperoleh adalah 71,18%, dan pada siklus II skor rata-rata motivasi belajar IPS siswa mencapai 81,06%. Ketercapaian metode Inkuiri dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitudari hasil instrumen pemantauan tindakan guru dan siswa pada siklus I dengan skor pencapaian sebesar 78,1% pada tindakan guru dan 69,1% pada tindakan siswa, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu skor pencapaian pada tindakan guru sebesar 86,33% dan 84% pada tindakan siswa. Berdasarkan data tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ir. Arita Marini, ME 2) Dra. Sehati Kaban, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jan 2020 11:56
Last Modified: 30 Jan 2020 11:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3227

Actions (login required)

View Item View Item