RISA NATALIA LIMBONG, . (2013) KESALAHAN PELAFALAN BUNYI [C] DAN [X] UNTUK GABUNGAN HURUF <CH> SISWA KELAS XI SMAN 38 JAKARTA TEMA FAMILIE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. BAB I-V.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. LAMPIRAN 36-37.pdf Download (140kB) |
|
Text
4. LAMPIRAN 1-35.pdf Download (1MB) |
Abstract
Siswa mengalami kesulitan dalam melafalkan bunyi-bunyi tertentu dalam bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan, mengklasifikasikan, mendeskripsikan dan mengetahui jumlah kesalahan pelafalan bunyi [ç] dan [x] untuk gabungan huruf <ch> pada siswa kelas XI SMAN 38 Jakarta dalam membaca nyaring teks bahasa Jerman tema Familie. Teks yang digunakan berasal dari buku Kontakte Deutsch 2 yang berjudul Sorgenbrief an Evita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menerapkan langkah metodologi analisis kesalahan dari Parera, yaitu pengumpulan data, identifikasi kesalahan, klasifikasi kesalahan, deskripsi kesalahan, dan dibatasi pada pernyataan frekuensi kesalahan. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa jumlah kesalahan yang muncul pada 35 rekaman siswa pada pelafalan bunyi [ç] mencapai 84,29% atau sebanyak 649 bunyi. Untuk bunyi [x] kesalahan pelafalan yang dilakukan siswa mencapai 40,96% atau sebanyak 86 bunyi. Kesimpulannya ialah banyak siswa yang melakukan kesalahan dan mengalami kesulitan, ketika melafalkan bunyi-bunyi bahasa Jerman, tidak terkecuali untuk bunyi [ç] dan bunyi [x]. Berdasarkan kesimpulan tersebut dapat disusun strategi pembelajaran yang tepat untuk melatihkan pelafalan bunyi bahasa Jerman.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Aulia Purnamasari, S. Pd, M. Hum. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Penulisan dan Ejaan Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | Users 14685 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 06:15 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 06:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32642 |
Actions (login required)
View Item |