PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PENYELESAIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

USAMAH AHMAD MUFLIH, . (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PENYELESAIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap penyelesaian tugas akhir mahasiswa; 2) Mengetahui pengaruh perilaku belajar terhadap penyelesaian tugas akhir mahasiswa; dan 3) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga melalui perilaku belajar terhadap penyelesaian tugas akhir mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro yang sedang dan telah menyusun tugas akhir yang berjumlah 225 dengan pengambilan sampel melalui simple random sampling sebanyak 70 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis jalur (path analysis). Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil uji validitas dan reliabilitas menggunakan Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel. Selanjutnya uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat pengaruh langsung lingkungan keluarga terhadap penyelesaian tugas akhir mahasiswa sebesar 21,2% yang ditunjukkan pada nilai thitung (4,269) > ttabel (1,668); 2) terdapat pengaruh langsung perilaku belajar terhadap penyelesaian tugas akhir mahasiswa sebesar 37,6% yang ditunjukkan pada nilai thitung (6.402) > ttabel (1,668); dan 3) terdapat pengaruh tidak langsung lingkungan keluarga melalui perilaku belajar terhadap penyelesaian tugas akhir mahasiswa sebesar 35,1% yang ditunjukkan pada nilai Fhitung (21,72) > Ftabel (3,13). Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Perilaku Belajar, Penyelesaian Tugas Akhir. *********** The study aims to: 1) know the effect of the family environment to the skripsi completion; 2) know the effect of learning behavior to the skripsi completion; and 3) know the effect of the family environment through learning behavior to the skripsi completion of the student Electrical Engineering Education Study Program, State University of Jakarta. The population in this study were students of Electrical Engineering Education who were and have compiled the skripsi with total 225 and the sample of 70 students with simple random sampling. This study uses quantitative method with a path analysis. Collecting data using a questionnaire. The results of the validity and reliability test using Pearson Product Moment and Alpha Cronbach resulted valid and reliable instrument. Also, the analysis requirements test used the normality test, linearity test, homogeneity test, and multicollinearity test. The results of this study shown: 1) there is a direct influence of the family environment to the skripsi completion by 21.2% which is indicated by the value of tcount (4,269) > ttable (1,668); 2) there is a direct influence of learning behavior to the skripsi completion by 37.6% which is indicated by the value of tcount (6,402) > ttable (1,668); and 3) there is an indirect influence of the family environment through learning behavior to the skripsi completion by 35.1% which is indicated by the value of Fcount (21,72) > Ftable (3,13). Keyword: The Family Environment, Learning Behavior, Skripsi Completion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Daryanto, M.T. ; 2). Dr. Muksin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 14769 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:22
Last Modified: 18 Aug 2022 02:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32657

Actions (login required)

View Item View Item