PENGEMBANGAN DIGITAL LEARNING PENGAWASAN DENGAN METODE SCRUM UNTUK MENDUKUNG STANDAR PENGAWASAN PRA COMISSIONING TRAFO DAYA 150 KV DI PLN PUSAT MANAJEMEN PROYEK UPMK I

SETO DYANA SUGENG, . (2022) PENGEMBANGAN DIGITAL LEARNING PENGAWASAN DENGAN METODE SCRUM UNTUK MENDUKUNG STANDAR PENGAWASAN PRA COMISSIONING TRAFO DAYA 150 KV DI PLN PUSAT MANAJEMEN PROYEK UPMK I. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (820kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI_Seto Dyana Sugeng.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis ini memiliki tujuan mengembangkan Digital Learning pengawasan dengan metode scrum untuk pengawasan pra komisioning trafo daya 150 kV di PT PLN (Persero) Pusat Manajemen Proyek UPMK I dengan menganalisis kompetensi dasar pengetahuan pengawas, memastikan kelayakan dan efektifitas Aplikasi Digital Learning Pengawasan. Penelitian ini merupakan pengembangan menggunakan pendekatan Research and Development dengan metode pengembangan Agile dengan menerapkan framework Scrum yang terdiri dari 7 tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Metode yang digunakan untuk mengukur kelayakan produk melalui validasi dari para ahli yaitu ahli webdesign, materi, dan media serta melakukan uji fungsi Aplikasi Digital Learning Pengawasan menggunakan pengukuran Instrumen Black Box Testing (Boundary Value Analysis) dan White Box Testing (Cyclomatic Complexity). Metode yang digunakan untuk mengukur efektifitas produk adalah dengan System Usabillity Scale (SUS) dan User Experience Questionnare (UEQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Digital Learning pengawasan dinilai layak untuk digunakan berdasarkan hasil persentase dari ahli web design/aplikasi 86,67%, ahli materi 85% dan ahli media sebesar 80%. Selanjutnya Aplikasi juga dinilai layak untuk digunakan berdasarkan hasil uji fungsionalitas dengan persentase keberhasilan 85,25% dan tidak ditemukan kesalahan kode pada setiap form. Kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Digital Learning pengawasan dinilai efektif untuk digunakan berdasarkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 responden, dengan rincian 10 responden dari pegawai kantor dan 15 responden dari pengawas lapangan di PLN Pusmanpro UPMK I. Hasil dari penelitian ini diawali uji fungsional berhasil dengan 10 perangkat berbeda dan 5 sistem operasi yang berbeda. Selanjutnya dilakukan uji coba skala kecil dengan 10 responden yang menjalankan serangkaian test login, berpindah tempat dan logout yang berjalan dengan lancar dan berhasil. Keefektifan suatu Aplikasi Digital Learning pengawasan dengan sistem XAMPP Control Panel yang diukur pada aspek kepuasan mendapatkan rata-rata skor System Usability Scale sebesar 84,6 dan Pengujian User Experience Questionnare (UEQ) mendapatkan hasil pada skala daya tarik dengan skor 1,97 predikat excellent, kejelasan dengan skor 2,3 predikat excellent, efisiensi dengan skor 2,41 predikat excellent, ketepatan dengan skor 2,05 predikat excellent, stimulasi dengan skor 2,44 predikat excellent, kebaruan dengan skor 2,05 predikat excellent artinya dapat memenuhi aspek kepuasan dan diterima untuk digunakan oleh pengguna. Dari hasil analisis, hasil pengembangan produk, hasil pengujian dan revisi produk serta pembahasan yang dilakukan menyatakan bahwa sebuah produk Aplikasi Digital Learning pengawasan berhasil dikembangkan menjadi sebuah produk yang siap digunakan. Kata Kunci: Digital Learning, Pra Comissioning Trafo daya 150 kV, Pengawasan. *********** ABSTRACT This thesis has the aim of developing Digital Learning supervision using the scrum method for pre-commissioning supervision of 150 kV power transformers at PT PLN (Persero) UPMK I Project Management Center by analyzing the basic competence of supervisor knowledge, ensuring the feasibility and effectiveness of the Supervision Digital Learning Application. This research is a development using the Research and Development approach with the Agile development method by applying the Scrum framework which consists of 7 stages. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, and questionnaires. The method used to measure product feasibility is through validation from experts, namely webdesign, material, and media experts as well as performing a function test of the Digital Learning Monitoring Application using Black Box Testing (Boundary Value Analysis) and White Box Testing (Cyclomatic Complexity) instruments. The method used to measure product effectiveness is the System Usability Scale (SUS) and the User Experience Questionnare (UEQ). The results showed that the supervision Digital Learning Application was considered feasible to use based on the percentage results from web design/application experts 86.67%, material experts 85% and media experts 80%. Furthermore, the application was also considered suitable for use based on the results of the functionality test with a success percentage of 85.25% and no code errors were found in each form. Then the results showed that the supervision Digital Learning Application was considered effective for use based on the number of samples in this study as many as 25 respondents, with details of 10 respondents from office employees and 15 respondents from field supervisors at PLN Pusmanpro UPMK I. The results of this study began with a successful functional test. with 10 different devices and 5 different operating systems. Subsequently, a small-scale trial was conducted with 10 respondents who ran a series of login, switch and logout tests which ran smoothly and successfully. The effectiveness of a monitoring Digital Learning Application with the XAMPP Control Panel system which is measured in terms of satisfaction gets an average System Usability Scale score of 84.6 and the User Experience Questionnare (UEQ) test gets results on the attractiveness scale with a score of 1.97 predicate excellent, clarity with a score of 2.3 excellent predicates, efficiency with a score of 2.41 excellent predicates, accuracy with a score of 2.05 excellent predicates, stimulation with a score of 2.44 excellent predicates, novelty with a score of 2.05 excellent predicates means that it can fulfill aspects of satisfaction and accepted for use by the user. From the results of the analysis, the results of product development, the results of testing and product revisions as well as the discussions carried out, it is stated that a monitoring Digital Learning Application product has been successfully developed into a ready-to-use product. Keywords: Digital Learning, Pre Commissioning 150 kV Power Transformer, Supervision

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Daryanto, MT. ; 2). Dr. Soeprijanto, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 14835 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:45
Last Modified: 22 Aug 2022 02:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32880

Actions (login required)

View Item View Item