UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN SISWA KELAS XI DIDALAM MATERI POKOK KELISTRIKAN BODI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL DI SMK KAPIN JAKARTA TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012

AHMAD JUNAEDI, . (2012) UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN SISWA KELAS XI DIDALAM MATERI POKOK KELISTRIKAN BODI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL DI SMK KAPIN JAKARTA TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. JUDUL COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi ok.pdf

Download (63kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
5. BAB I ok.pdf

Download (131kB)
[img] Text
6. BAB II ok.pdf

Download (202kB)
[img] Text
9. BAB V ok.pdf

Download (42kB)
[img] Text
7. BAB III ok.pdf

Download (180kB)
[img] Text
8. BAB IV ok.pdf

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan penguasaan siswa pada materi kelistrikan bodi khususnya pada pokok bahasan “ Sistem Penerangan” di SMK Kapin Jakarta Timur melalui model pembelajarn CTL pada kelas XI SMK KAPIN Jakarta Timur pada tahun ajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dimana analisis hasil pembelajaran pada silkus pertama direfleksikan pada pembelajaran siklus berikutnya. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Pada siklus pertama membahas tentang materi sistem lampu kepala, lampu jarak dan lampu rem, pada siklus kedua membahas tentang materi sistem lampu sein, lampu harzard dan lampu mundur, sedangkan pada siklus ketiga membehas materi sistem lampu belakang, plat nomor dan lampu dalam. Pada penilaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), yaitu minimal 85 % siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan memperoleh nilai rata-rata 75 pada sub penguasan yang di ukur atau lebih sebagai batas tuntas pembelajaran. Tingkat penguasaan yang diukur pada penelitian ini adalah terdiri dari dua unsur yaitu Penguasaan dalam menafsirkan (C2) dan penguasaan dalam menjelaskan (C2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus pertama apsek pemahaman pada penguasaan (C2) yaitu menafsirkan dan (C2) menjelaskan yaitu nilai rata-rata hanya 51,17 % kemudian meningkat pada siklus kedua rata-rata yaitu 68,80 % dan pada siklus ketiga rata-rata menjadi 81,27 %. Sedangkan pada rerata hasil tes siswa yakni pada siklus I mencapai 48,39 pada siklus II mencapai 64,28 dan pada siklus III mencapai 78,57. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa penggunakan model pembelajaran dengan CTL yang di terapkan di SMK Kapin dapat meningkatkan Penguasaan siswa khususnya kelas XI teknik Otomotif dengan materi kelistrikan bodi pada sistem penerangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Enday Hidayat, S.T., M.Pd. ; 2). Drs. Adi Tri Tyassmadi M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:54
Last Modified: 22 Aug 2022 04:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32927

Actions (login required)

View Item View Item