EFEKTIVITAS METODE MURAJAAH ( PENGULANGAN) DALAM MEMPERKUAT HAFALAN AL-QUR’AN BAGI SANTRI MAPK AL-HAMIDIYAH DEPOK

ZEINFIGO ZIYAD HAMAMI, . (2022) EFEKTIVITAS METODE MURAJAAH ( PENGULANGAN) DALAM MEMPERKUAT HAFALAN AL-QUR’AN BAGI SANTRI MAPK AL-HAMIDIYAH DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (558kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Metode murajaah merupakan salah satu cara untuk melestarikan dan menjaga kelancaran hafalan Al-Qur’an kita namun tidak semua metode murajaah bisa membuat dengan cepat menghafal. Oleh karena itu, efektivitas metode murajaah ini dapat digunakan untuk mengukur sejauh mana pembelajaran tahfidz Al-Qur’an berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Efektivitas Metode Murajaah Dalam Memperkuat Hafalan Al-Qur’an Bagi Santri Madrasah Aliyah Program Keagamaan yang terdiri dari bagaimana efektivitas metode murajaah, pelaksanaan, dampak psikologis santri saat menghafal di waktu subuh hingga faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an menggunakan metode murajaah. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas dan teori metode murajaah. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara tatap muka, observasi, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah Kyai, Ustadz dan para santri kelas 11 dan kelas 12 MAPK yang mengikuti pembelajaran tahfidz Al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini yaitu ada beberapa langkah murajaah hafalan Al-Qur’an di MAPK Al-Hamidiyah seperti adanya persiapan, setoran dan pengulangan secara individu. Adapun untuk pelaksanaan murajaah ada dua, yakni murajaah dengan ustadz atau setoran minimal satu ayat per hari dan murajaah dengan teman. Secara psikologis santri banyak terkendala dalam menghafal Al-Qur’an setelah salat subuh seperti mengantuk, malas dan bisa sebagai waktu yang biasanya digunakan untuk tidur kembali oleh para santri dan mayoritas santri MAPK ini sulit untuk mempunyai rasa semangat dalam menghafal Al�Qur’an setelah salat subuh. Beberapa faktor pendukung dalam pelaksanaan metode murajaah di pesantren. Pertama, adanya kedisiplin dan motivasi dari orang-orang terdekat santri. Kedua, adanya kegiatan murajaah yang terkontrol. Ketiga, adanya apresiasi dari pihak pengasuh untuk santri yang berprestasi, ini dibuktikan dengan pemberian hadiah songkok dan makanan dari Ustadz pembimbingnya. Selain faktor pendukung, ada beberapa faktor penghambat. Pertama, ayat-ayat yang sudah pernah dihafal menjadi lupa kembali. Kedua, rasa malas yang selalu muncul pada diri santri. Ketiga, rasa kantuk yang tinggi saat waktu subuh. Dengan adanya indikator pembelajaran efektif dan prinsip-prinsip pembelajaran efektif yang didapatkan di lapangan maka metode murajaah yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Program Keagamaan Pondok Pesantren Al-Hamidiyah Depok sudah efektif karena sudah memenuhi beberapa indikator pembelajaran efektif dan prinsip-prinsip pembelajaran efektif namun ada beberapa indikator yang harus ditingkatkan lebih baik lagi supaya pembelajaran metode murajaah dalam memperkuat hafalan santri berjalan dengan maksimal.namun ada beberapa indikator yang harus ditingkatkan lebih baik lagi supaya pembelajaran metode murajaah dalam memperkuat hafalan santri berjalan dengan maksimal. The murajaah method is one way to preserve and maintain our smooth memorization of the Qur'an, but not all murajaah methods can make memorizing fast. Therefore, the effectiveness of this murajaah method can be used to measure the extent to which learning tahfidz Al-Qur'an is going. This study aims to describe and analyze the effectiveness of the Murajaah method in strengthening the memorization of the Qur'an for students at Madrasah Aliyah. The religious program consists of the effectiveness of the murajaah method, its implementation, the psychological impact of students when memorizing at dawn to the supporting and inhibiting factors in the learning process of tahfidz Qur'an using the method. murajaah. The theory used in this research is the theory of effectiveness and the theory of the murajaah method. This type of research uses a qualitative descriptive method. Data collection techniques through face-to-face interviews, observation, and documentation. The objects in this study were Kyai, Ustadz and students in grades 11 to 12 MAPK who took part in learning the tahfidz of the Qur’an. The results of this study are that there are several steps for memorizing the Qur'an at MAPK Al-Hamidiyah such as individual preparation, deposit and repetition. As for the implementation of murajaah, there are two, namely murajaah with ustadz or a minimum deposit of one paragraph per day and murajaah with friends. Psychologically, many students are constrained in memorizing the Qur'an after dawn prayers such as sleepiness, laziness and can be used as a time that is usually used to go back to sleep by the students and the majority of MAPK students find it difficult to have a sense of enthusiasm in memorizing the Qur'an after morning prayer. Several supporting factors in the implementation of the murajaah method in Islamic boarding schools. First, there is discipline and motivation from those closest to the students. Second, the existence of controlled murajaah activities. Third, there is a reward for the best student, this is evidenced by the gift of skullcaps and food from the Ustadz supervisor. In addition to the supporting factors, there are several inhibiting factors. First, the verses that have been memorized become forgotten again. Second, the feeling of laziness that always arises in students. Third, high drowsiness at dawn. With the indicators of effective learning and effective learning principles obtained in the field, the murajaah method implemented at the Madrasah Aliyah Religious Program at the Al-Hamidiyah Islamic Boarding School in Depok is considered effective because it has met several indicators of effective learning and effective learning principles but there are some indicators that must be improved even more so that the learning of the murajaah method in strengthening the memorization of students runs optimally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Khairil Ikhsan Siregar, Lc., MA 2). Dr. Abdul Fadhil, M.Ag
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 14938 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 06:38
Last Modified: 22 Aug 2022 06:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32970

Actions (login required)

View Item View Item