AWALUL RIZKA, . (2022) NOMOPHOBIA (NO MOBILE PHONE PHOBIA) STUDI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (890kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (926kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nomophobia (no mobile phone phobia) pada mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Jakarta, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua, teman sepermainan, dan mahasiswa Pendidikan IPS Universitas Negeri Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Pendidikan IPS Universitas Negeri Jakarta terindikasi nomophobia. Nomophobia pada mahasiswa Pendidikan IPS Universitas Negeri Jakarta dapat dilihat dari : intensitas penggunaan smartphone tinggi, merasa kesal, resah, panik, cemas dan bosan jika tidak bisa menemukan dan mengakses smartphone. Nomophobia pada mahasiswa Pendidikan IPS Universitas Negeri Jakarta dilatarbelakangi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Gaya hidup menjadi faktor internal yang paling dominan dengan motif penggunaan smartphone mahasiswa yaitu untuk hiburan, selain itu pekerjaan dan aktivitas menjadi faktor eksternal yang paling dominan didukung oleh keluarga dan teman sepermainan yang menjadi penyebab mahasiswa terindikasi nomophobia. ***** This study aims to determine nomophobia (no mobile phone phobia) in social science education students, State University of Jakarta, using qualitative research methods with data collection techniques through observation, interviews, documentation, literature studies. The subjects in this study were parents, peers, and students of Social Studies Education, State University of Jakarta. The results of this study show that social studies education students of Jakarta State University are indicated by nomophobia. Nomophobia in social studies education students of Jakarta State University can be seen from: high intensity of smartphone use, feeling upset, restless, panic, anxious and bored if they cannot find and access smartphones. Nomophobia in social studies education students at The State University of Jakarta is motivated by internal and external factors. Lifestyle is the most dominant internal factor with the motive of using student smartphones for entertainment, besides work and activities are the most dominant external factors supported by family and friends which are the causes of students being indicated by nomophobia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Martini, S.H., M.H. ; 2). Nuruk Istiqomah, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 14937 not found. |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 02:50 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 02:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33020 |
Actions (login required)
View Item |