FAHRIZA ILMA NUR AGNIYA, . (2022) PEMBENTUKAN NILAI – NILAI KREATIVITAS PADA ANAK MELALUI PENGALAMAN AKTIVITAS LUAR KELAS (OUTDOOR ACTIVITY). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (633kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (305kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (617kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil aktivitas luar kelas dalam membentuk nilai-nilai kreativitas pada anak. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen, pre-experimental design dengan desain one shot case study, untuk mendapatkan data berupa sikap dan perilaku anak yang sesuai dengan berlandaskan teori, yaitu berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinal, melihat dengan cara yang lain, mensintesiskan berbagai pandanagan dan sudut pandang berbeda, membuat kombinasi dan pertalian baru, dan pencarian alternatif baru. Pelaksanaan penelitian ini menerapkan sebuah kegiatan aktivitas luar kelas berupa permainan untuk anak usia sekolah dasar, dimana permainan yang diberikan berjumlah 15 permainan yang disesuaikan dengan indikator yang akan diteliti, selain itu juga dilakukan observasi dan wawancara dengan kepala sekolah serta guru pendamping sebagai bentuk pengumpulan data untuk analisa penelitian yang lebih lengkap dan sesuai. Hasil penelitian yang didapat menunjukan bahwa aktivitas luar kelas khususnya yang berupa permainan sangat berpengaruh terhadap pembentukan nilai-nilai krreativitas pada seorang anak. Hal tersebut terjadi karena munculnya pendapat dan sudut pandng yang berbeda, sert saling menghargai yang terlihat dalam permainan yang dilakukan sehingga bisa menstimulasi kreativitas anak menjadi lebih baik dan terus berkembang. ***** This study aims to find out outdoor activity to form values of creativity in children. This research was conducted using an experimental method, pre-experimental design with a one-shot case study design, to obtain data in the form of children's attitudes and behaviors that are in accordance with the theory, namely thinking fluently, thinking flexible, thinking originally, seeing in other ways, synthesizing various relationships and different points of view, making new combinations and relationships, and the search for new alternatives. The implementation of this study was by implementing an activity outside the classroom in the form of games for elementary school age children, where the games given were 15 games that were adjusted to the indicators to be studied, in addition to observations and interviews with the principal and accompanying teachers as a form of data collection for a more complete and appropriate research analysis. The results of the research obtained show that outside the classroom activities, especially in the form of games, greatly affect the formation of creative values in a child. This happens because of the emergence of different opinions and pandng angles, such as mutual respect that can be seen in the games carried out so that it can stimulate children's creativity to be better and continue to develop.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Hartman Nugraha, M.Pd. ; 2). Masnur Ali, M.Pd. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi |
Divisions: | FIO > Olahraga Rekreasi |
Depositing User: | Users 14984 not found. |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 02:46 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 02:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33186 |
Actions (login required)
View Item |