RAHMI JUWITA, . (2022) IMPLEMENTASI SANKSI DROP OUT BAGI MAHASISWA MENYONTEK DALAM UPAYA PENEGAKAN INTEGRITAS AKADEMIK (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS X DI JAKARTA). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB 1.pdf Download (195kB) |
|
Text
3. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian tentang integritas semakin meningkat selama dua puluh tahun terakhir. Penegakkan integritas dapat dimulai dengan adanya sanksi yang tegas bagi para pelanggar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eksplorasi terkait dengan bentuk sosialisasi, implementasi, dan dampak sanksi drop out (DO) bagi mahasiswa yang menyontek sebagai salah satu strategi penegakkan integritas akademik mahasiswa di universitas X (UX) di Jakarta. Penelitian menggunakan metode studi kasus dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Enam langkah penelitian studi kasus Robert K. Yin digunakan dalam penelitian ini, yaitu plan, design, prepare, collect, analyze, dan share. Analisa data menggunakan validitas data dengan membandingkan seluruh data yang diperoleh dengan tiga teknik pengumpulan yang dilakukan, mengklasifikasikan data berdasarkan pertanyaan penelitian, penggabungkan data yang diperoleh dalam bentuk tabel, dan terakhir membuat simpulan berdasarkan data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UX melakukan berbagai sosialisasi baik secara langsung maupun melalui media. Sanksi DO bagi mahasiswa menyontek ini hanya berlaku pada saat ujian dan tugas akhir. Dampak dari sanksi DO bagi mahasiswa yang menyontek adalah munculnya kesadaran terkait dengan nilai integritas seperti jujur, tanggung jawab, timbulnya rasa percaya diri mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian, dan mampu untuk menurunkan jumlah mahasiswa yang menyontek saat ujian. ****** Research on integrity has increased in the last twenty years. Integrity enforcement can be started with strict sanctions for violators. This study aims to explore the forms of socialization, implementation, and the impact of drop out (DO) sanctions for students who cheat as a strategy to enforce student academic integrity at University X (UX) in Jakarta. The research uses case study methods with interviews, observations, and documentation studies as data collection techniques. This study used six steps of Robert K. Yin's case study research, namely plan, design, prepare, collect, analyze, and share. Data analysis uses the validity of the data by comparing all the data obtained with all data collection techniques, classifying data based on research questions, combining the data obtained in the form of tables and making conclusions based on the data that has been obtained. The results showed that the UX conducted various socialization directly or through the media. The DO sanction for cheating students only applies during exams and final assignments. The impact of dropout sanctions for students who cheat is the emergence of awareness related to integrity values such as honesty, responsibility, student confidence in doing exam questions, and the ability to reduce the number of students who cheat on exams.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nurhattati Fuad, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. R. Madhakomala, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 15030 not found. |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 07:32 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 07:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33374 |
Actions (login required)
View Item |