ADAM NURFAUZY, . (2022) PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK MELALUI DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA YANG MEMILIKI PERBEDAAN MINAT BERWIRAUSAHA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan menggunakan metode diskusi kelompok dengan metode konvensional; 2) Perbedaan hasil belajar mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan siswa ditinjau dari minat berwirausaha; 3) interaksi antara penggunaan metode diskusi kelompok melalui daring dan minat berwirausaha terhadap hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan. Populasi pada penelitian ini sebanyak 70 siswa dan jumlah sampel yang dipakai sebanyak 47 siswa dengan menggunakan teknik yang memiliki tujuan tertentu dalam penggunaannya yaitu purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design. Teknik yang digunakan dalam menguji hipotesis menggunakan analisis varian dua jalur dengan desain faktorial 2x2. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non test. Untuk uji validitas dan reliabilitas pada instrumen penelitian ini menggunakan Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Hasil validitas instrumen hasil belajar diperoleh rata-rata nilai valid soal sebesar 0,435 dan hasil reliabilitas sebesar 0,792. Adapun untuk hasil validitas instrumen minat berwirausaha diperoleh rata-rata nilai valid pernyataan sebesar 0,449 dan reliabilitas sebesar 0,742. Setelah uji instrumen dilakukan, selanjutnya yaitu uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan untuk uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji anava dua jalur menggunakan aplikasi SPSS Version 22. Berdasarkan uji hipotesis penelitian ini dapat disimpulkan yaitu: 1) Ada perbedaan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok dengan metode konvensional dilihat dari nilai Fhitung = 8,755 > Ftabel (0,05;2:45) =3,20; 2) Ada perbedaan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa ditinjau dari minat berwirausaha dilihat dari Fhitung = 7,397 dan Ftabel (0,05;2:45) =3,20; 3) Tidak ada interaksi antara pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok melalui daring dan minat berwirausaha siswa terhadap hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan dilihat dari Fhitung = 1,013 > Ftabel (0,05;2:45) =3,20. Kata kunci: Metode Diskusi Kelompok, Minat Berwirausaha, Hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan The purpose of this study was to determine: 1) Differences in learning outcomes for Craft and Entrepreneurship subjects using group discussion methods with conventional methods; 2) Differences in student learning outcomes for Craft and Entrepreneurship subjects in terms of interest in entrepreneurship; 3) the interaction between the use of online group discussion methods and interest in entrepreneurship on the learning outcomes of Craft and Entrepreneurship. The population in this study was 70 students and the number of samples used was 47 students using a technique that has a specific purpose in its use, namely purposive sampling. The method used in this study is a quantitative method with a Quasi Experimental Design approach. The technique used in testing the hypothesis uses a two-way analysis of variance with a 2x2 factorial design. Data collection uses test and non-test instruments. To test the validity and reliability of this research instrument using Pearson Product Moment and Alpha Cronbach. The results of the validity of the learning outcomes instrument obtained an average value of valid questions of 0.435 and reliability results of 0.792. As for the results of the validity of the instrument of interest in entrepreneurship, the average value of the valid statement is 0.449 and the reliability is 0.742. After the instrument test has been carried out, the next step is the requirements analysis test using the normality test, homogeneity test and for hypothesis testing in this study using the two-way ANOVA test using the SPSS Version 22 application. Based on the hypothesis test of this research, it can be concluded: 1) There are differences in student learning outcomes of Craft and Entrepreneurship using group discussion learning methods with conventional methods seen from the value of Fcount = 8.755 > Ftable (0.05; 2:45) = 3.20; 2) There are differences in student learning outcomes of Craft and Entrepreneurship in terms of entrepreneurial interest as seen from Fcount = 7.397 and Ftable (0.05; 2:45) = 3.20; 3) There is no interaction between learning using the online group discussion method and students' interest in entrepreneurship on the learning outcomes of Craft and Entrepreneurship as seen from Fcount = 1.013 > Ftable (0.05; 2:45) = 3.20. Keywords: Group Discussion Method, Interest in Entrepreneurship, Learning Outcomes of Craft and Entrepreneurship
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Faried Wadjdi, M.Pd. ; 2) Dr. Daryanto, M.T. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 14800 not found. |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 07:54 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 07:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33429 |
Actions (login required)
View Item |