MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BROKEN TRIANGLE PADA SISWA KELAS V SDN SEMANAN 12 PAGI JAKARTA BARAT

Siti Nurba Agnesyiah, . (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BROKEN TRIANGLE PADA SISWA KELAS V SDN SEMANAN 12 PAGI JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 cover halaman depan.pdf

Download (79kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (410kB)
[img] Text
4 LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (279kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS di Kelas V SDN Semanan 12 Pagi Jakarta Barat melalui model pembelajaran kooperatif tipe Broken Triangle. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2018 di SDN Semanan 12 Pagi Jakarta Barat dengan subjek penelitian siswa kelas V B yang berjumlah 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahapan penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus.Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan untuk mata pelajaran IPS sebesar 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Broken Triangle dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V B SDN Semanan 12 Pagi Jakarta Barat karena peserta didik dapat belajar dengan tanpa paksaan untuk mengikuti pembelajaran saat menyusun Puzzle Broken Triangle bersama teman kelompoknya sehingga peserta didik lebih antusias dalam mencari informasi yang ingin diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif tipe Broken Triangle. Peningkatan Hasil Belajar tersebut dapat dilihat melalui peningkatan persentase peserta didik yang mencapai KKM pada setiap siklus. Hasil belajar pada siklus I, rata-rata kelas sebesar 59,21 dan peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 19 anak atau 59,37%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 74,06 dan peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 27 anak atau 84,37%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Broken Triangle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan dapat dijadikan sebagai salah satu cara guru untuk meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ajat Sudrajat, S.Pd., M.Si 2) Dra. Rosinar, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Feb 2020 10:29
Last Modified: 06 Feb 2020 10:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3343

Actions (login required)

View Item View Item