PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 139 JAKARTA.

INDAH PUTRI JAYANTI, . (2022) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 139 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (969kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan gadget pada masa pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 139 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey melalui kuesioner yang diukur dengan menggunakan skala sikap. Dalam penelitian ini, jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 90 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling sebagai penentu kriteria sampel. Pengujian statistik dalam penelitian ini, seluruhnya menggunakan bantuan dari software SPSS Statistics 25. Adapun berdasarkan pengolahan data yang didapat melalui para responden, didapatkan hasil Uji-t dengan nilai Thitung 3,124 > Ttabel 1,987. Dengan nilai tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget pada masa pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 139 Jakarta. Kemudian, berdasarkan model regresi linier yang digunakan yakni Y'=78,026+0,177X. Dapat disimpulkan bahwa setiap terjadi penambahan satu nilai variabel bebas (X), maka akan meningkatkan nilai variabel terikat (Y) sebesar 0,177. Koefisien regresi ini bernilai positif, sehingga dapat diartikan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah positif. ***** This study aims to determine whether there is an influence between the intensity of the use of gadgets on the learning outcomes of class VII students at SMP Negeri 139 Jakarta. The type of research used in this research is quantitative research with a survey method through a questionnaire which is measured using a Sikap scale. In this study, the number of samples used was 90 students who were selected using purposive sampling technique as a determinant of sample criteria. Statistical testing in this study, all using the help of SPSS Statistics 25 software. Meanwhile, based on the processing of the data obtained through the respondents, the results of the T test were obtained with the value of Thitung 3.124 > Ttabel 1.987. With this value, it can be concluded that Ha is accepted, which means that there is a significant influence between the intensity of using gadgets on the learning outcomes of class VII students at SMP Negeri 139 Jakarta. Then, based on the linear regression model used, namely Y'=78.026+0.177X. It can be concluded that every time there is an addition of one value of the independent variable (X), it will increase the value of the dependent variable (Y) by 0.177. This regression coefficient is positive, so it can be interpreted that it can be said that the direction of the influence of variable X on variable Y is positive.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Budiaman, M.Si ; 2) Sujarwo, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 15179 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:37
Last Modified: 29 Aug 2022 01:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33508

Actions (login required)

View Item View Item