PENGEMBANGAN LITERASI KIMIA DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI INTEGRASI DILEMMAS STORIES DALAM PROYEK STEAM PADA MATERI KOLOID

ENDANG NATALYA, . (2020) PENGEMBANGAN LITERASI KIMIA DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI INTEGRASI DILEMMAS STORIES DALAM PROYEK STEAM PADA MATERI KOLOID. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. Lembar Pengesahan ASLI, Lembar Pernyataan Keaslian Tesis.pdf

Download (2MB)
[img] Text
1. Cover, Lembar Persembahan, Motto.pdf

Download (330kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (225kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (342kB)
[img] Text
4. Abstract.pdf

Download (224kB)
[img] Text
6. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar.pdf

Download (261kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (369kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi kimia dan pemahaman konsep siswa melalui integrasi dilemmas stories dan proyek STEAM dalam pembelajaran kimia pada materi koloid kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 34 siswa dan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 di SMA Kristen 6 PENABUR Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini adalah kemampuan literasi kimia dan pemahaman konsep siswa yang dapat berkembang dalam pembelajaran kimia pada materi koloid yang didukung dengan menggunakan media pembelajaran cerita dilema tentang polusi asap dan proyek pembuatan alat absorbansi asap. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap kegiatan persiapan, tahap kegiatan pelaksanaan, dan tahap kegiatan akhir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara siswa, reflektif jurnal siswa, lembar observasi, catatan harian peneliti, dokumentasi, dan tes literasi kimia. Hasil penelitian dengan menerapkan integrasi dilemmas stories dalam proyek STEAM pada materi koloid ini diperoleh dari coding data yang menunjukkan bahwa siswa dapat mengembangkan kemampuan literasi kimia dan pemahaman konsep. Siswa dapat memberikan gagasan ilmiah umum, karakteristik kimia, kimia dalam konteks, keterampilan belajar tingkat tinggi, dan aspek afektif. Perkembangan kemampuan literasi kimia dan pemahaman konsep siswa yang muncul adalah perkembangan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, meningkatkan motivasi, dan keterlibatan siswa serta menghasilkan pembelajaran yang bermakna dan kontekstual bagi siswa. Sehingga siswa yang memiliki kemampuan seperti demikian dapat dikatakan memiliki tingkat pemahaman yang tinggi karena mampu mengaitkan konsep yang telah dipelajari siswa dalam memecahkan permasalahan sosial yang ada di dalam kehidupan sehar-hari. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa integrasi dilemmas stories dalam proyek STEAM dapat mengembangkan literasi kimia dan pemahaman konsep siswa dimana guru memiliki tantangan untuk dapat mengembangkan inovasi pembelajaran sehingga siswa dapat merasakan pembelajaran kimia yang lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari. ***** This study aims to develop students' chemical literacy skills and conceptual understanding through the integration of dilemmas stories and the STEAM project in chemistry learning on the colloid material for class XI MIPA 2, which amounts to 34 students and was carried out in the even semester of the 2019/2020 school year at SMA Kristen 6 PENABUR Jakarta. The research method used is qualitative research. The focus of this research is the ability of chemical literacy and understanding of students' concepts that can develop in learning chemistry on colloid material which is supported by using learning media for dilemma stories about smoke pollution and a project to make a smoke absorbance device. This research consists of three stages, namely the preparation activity stage, the implementation activity stage, and the final activity stage. Data collection techniques in this study used student interviews, student journal reflective, observation sheets, researchers' diaries, documentation, and chemical literacy tests. The results of the research by applying the integration of dilemmas stories in the STEAM project on this colloid material were obtained from coding data which showed that students could develop chemical literacy skills and understanding concepts. Students can provide general scientific ideas, chemical characteristics, chemistry in context, high-level learning skills, and affective aspects. The development of chemical literacy skills and students' understanding of concepts that emerge is the development of critical thinking skills, creativity, increasing motivation, and student involvement as well as producing meaningful and contextual learning for students. So that students who have such abilities can be said to have a high level of understanding because they are able to connect the concepts that students have learned in solving social problems that exist in everyday life. The results of this study can be concluded that the integration of dilemmas stories in the STEAM project can develop students' chemical literacy and conceptual understanding where teachers have the challenge of being able to develop learning innovations so that students can experience chemistry learning that is more relevant to everyday life.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Yuli Rahmawati, M.Sc.,Ph.D. ; 2). Prof.Dr. Erdawati, M.Sc.
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 06:13
Last Modified: 26 Aug 2022 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33510

Actions (login required)

View Item View Item