PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI (Penelitian Eksperimen di Universitas Negeri Padang)

EFRIANTO, . (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI (Penelitian Eksperimen di Universitas Negeri Padang). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (836kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI (Penelitian Eksperimen di Universitas Negeri Padang) Efrianto efrianto_lt17s3@mahasiswa.unj.ac.id ABSTRAK Tujuan penelitian ini ada empat, yaitu untuk mengetahui; (1) perbedaan keterampilan menulis puisi antara mahasiswa yang belajar dengan model Pembelajaran kontruktivisme dan model pembelajaran modeling; (2) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap keterampilan menulis puisi; (3) perbedaan keterampilan menulis puisi antara mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran kontruktivisme dan yang belajar dengan model pembelajaran modeling pada kelompok mahasiswa dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi; dan (4) untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis puisi antara yang mahasiswa yang belajar dengan model pembelajaran kontruktivisme dan yang belajar dengan model pembelajaran modeling pada kelompok mahasiswa dengan kemampuan berpikir kreatif rendah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model pembelajaran eksperimen dan menerapkan rancangan faktorial 2x2. Rancangan ini digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perlakuan yang diberikan terhadap kelompok eksperimen, yaitu perlakuan melalui model pembelajaran kontruktivisme dan kelompok kontrol yaitu perlakuan melalui model pembelajaran modeling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis varian dan dua jalur (ANAVA) pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan model pembelajaran konstruktivisme dengan model pembelajaran modeling terhadap kemampuan menulis puisi mahasiswa dengan hasil skor rata-rata pada kelompok eksperimen mencapai 81.57 sedangkan pada kelas kontrol mencapai 78.14. Nilai rata-rata yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi terhadap keterampilan menulis puisi, yaitu 79,85 dan rata-rata yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah mencapai 72,57. Oleh sebab itu, dapat dibuktikan bahwa pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme nilainya lebih baik dari pada model pembelajaran modeling. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Menulis Puisi, Konstruktivisme, Modeling **** THE EFFECT OF LEARNING MODEL AND CREATIVE THINKING ABILITY ON POETRY WRITING SKILLS (Experimental Research at State University of Padang) Efrianto efrianto_lt17s3@mahasiswa.unj.ac.id ABSTRACT There are four purposes of this study, namely to find out; (1) differences in poetry writing skills between students who study with constructivism learning models and modelling learning models; (2) the interaction between learning models and creative thinking skills on poetry writing skills; (3) differences in poetry writing skills between students who study with constructivism learning models and those who learn with modelling learning models in groups of students with high creative thinking abilities; and (4) to find out the differences in poetry writing skills between students who study with constructivism learning models and those who learn with modelling learning models in groups of students with low creative thinking abilities. The research uses a quantitative approach with an experimental learning model and applies a 2x2 factorial design. This design is used to determine whether there is an effect of the treatment given to the experimental group, namely the treatment through the constructivism learning model and the control group, namely the treatment through the modelling learning model. The data analysis technique used in this study is the technique of analysis of variance and two paths (ANOVA) at a significance level of a = 0.05. The results showed that: there was a significant difference based on the constructivism learning model with the modelling learning model on students' poetry writing skills with the average score in the experimental group reaching 81.57 while in the control class it reached 78.14. The average score for those who have high creative thinking skills on poetry writing skills is 79.85 and the average score for those who have low creative thinking skills is 72.57. Therefore, it can be proven that learning poetry writing skills using the constructivism learning model is better than the modelling learning model. Keywords: Creative Thinking, Writing Poetry, Constructivism, Modelling

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Endry Boeriswati. M.Pd, ; 2). Prof. Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Penulisan dan Ejaan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 15366 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:17
Last Modified: 30 Aug 2022 02:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33800

Actions (login required)

View Item View Item