KETERLEKATAN GENERASI MILENIAL DENGAN GAYA HIDUP DIGITAL (Studi Pada Lima Orang Pengguna Platform Bibit Usia 21-25 Tahun di Jakarta)

DEA MELANIA, . (2022) KETERLEKATAN GENERASI MILENIAL DENGAN GAYA HIDUP DIGITAL (Studi Pada Lima Orang Pengguna Platform Bibit Usia 21-25 Tahun di Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang generasi milenial dalam menggunakan platform Bibit sebagai platform investasi keuangan Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana keterlekatan generasi milenial dengan gaya hidup digital dalam penggunaan platform Bibit sebagai platform investasi keuangan yang dianalisis menggunakan perspektif sosiologi ekonomi yaitu keterlekatan Granovetter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini merupakan lima orang pengguna platform Bibit usia 21-25 tahun yang berdomisili di DKI Jakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Peneliti juga menggunakan data pendukung yaitu pendapat ahli sebagai seorang peneliti yang juga memiliki fokus pada kajian budaya digital. Penelitian ini dilakukan melalui platform media komuniasi WhatsApp serta penelitian langsung ke lokasi penelitian di wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2022 hingga April 2022. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa investasi keuangan melalui platform Bibit tidak hanya dilatarbelakangi oleh nilai ekonomi semata. Tindakan ekonomi generasi milenial tersebut juga dilatarbelakangi adanya relasi sosial yang terjalin dengan aktor lain di dalam jaringan sosialnya. Penggunaan teknologi digital dalam aktivitas keseharian generasi milenial menciptakan sebuah gaya hidup digital seperti literasi digital hingga bertransaksi melalui platform digital. Dalam hal ini, gaya hidup digital yang melekat di dalam keseharian generasi milenial mendorong investasi digital melalui platform Bibit sebagai tindakan ekonomi generasi milenial. ** This study aims to describe the background of the millennial generation in using the Bibit platform as a financial investment platform. Besides, this study also aims to describe how the millennial generation is embedded to a digital lifestyle in using the Bibit platform as a financial investment platform which is analyzed using the perspective of economic sociology with embeddedness concept from Granovetter.This study uses a qualitative method with a case study approach. The subjects of this research are five users of the Bibit platform aged 21-25 years who live in DKI Jakarta. Data collection in this study was carried out by conducting in-depth interviews, observations, documentation and literature studies. The researcher also uses supporting data, namely expert opinion as a researcher who also has a focus on digital culture studies. This research was conducted through the WhatsApp communication media platform as well as direct research to research locations in the DKI Jakarta area. This research was conducted from January 2022 to April 2022. The results of this study indicate that financial investment through the Bibit platform is not only motivated by economic value. The economic actions of the millennial generation are also motivated by the existence of social relations that exist with other actors in their social networks. The use of digital technology in the daily activities of the millennial generation creates a digital lifestyle such as digital literacy to transact through digital platforms. In this case, the digital lifestyle embedded in the daily life of the millennial generation encourages digital investment through the Bibit platform as an economic action for the millennial generation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Asep Suryana, M.Si ; 2). Prima Yustitia Nurul Islami, S.KPm., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 15418 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:46
Last Modified: 01 Sep 2022 06:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33854

Actions (login required)

View Item View Item