IRMA YULIANI, . (2011) PERAN TPA BAHRUL ULUM DALAM PEMBINAAN KESALEHAN SOSIAL SANTRI ( Studi Taman Pendidikan Al - Qur’an (TPA) Bahrul Ullum Di Jalan Ardio Ciwaringin Tanah Sewa Kota Bogor ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
02.pdf Download (110kB) |
|
Text
04.pdf Download (2MB) |
|
Text
01.pdf Download (44kB) |
|
Text
07.pdf Download (15kB) |
|
Text
08.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
|
Text
riwayat hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) |
|
Text
cover fix.pdf Download (739kB) |
|
Text
06.pdf Download (19kB) |
|
Text
05.pdf Download (134kB) |
|
Text
03.pdf Download (354kB) |
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan juga majemuk. Namun pada saat ini telah terjadi pergeseran nilai dan pemahaman beragama dan interaksi sosial di masyarakat. sehingga nilai-nilai kesalehan sosial semakin menghilang di masyarakat. Oleh karena itu sifat dan perilaku anak dan remaja perlu dibina dan dikembangkan secara positif sejak dini, melalui institusi pendidikan formal, informal, maupun nonformal. Salah satu bentuk institusi pendidikan nonformal adalah Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Keberadaan TPA ini merupakan penunjang bagi pendidikan agama Islam dan juga pendidikan sosial yang ada pada institusi pendidikan formal seperti sekolah. Inilah yang melatarbelakangi penelitian peneliti. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah studi kasus. Informan penting dalam penelitian ini ada 9 informan yang terdiri dari kepala sekolah (TPA), guru (ustadz dan ustadzah), santri, dan orang tua santri. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan tidak terstruktur dan studi literatur. Adapun tempat penelitian peneliti yaitu TPA Bahrul Ulum yang terletak berlokasi di Jalan Ardio Ciwaringin Tanah Sewa Kota Bogor. Berdasarkan hasil temuan dilapangan, proses terbentuknya kesalehan sosial santri di TPA Bahrul Ulum melalui tahap sosialisasi peran yang meliputi tiga tahap sebagaimana dikemukakan George Herbert Mead yaitu tahap play stage (merespon), tahap game stage (memahami) dan generalized other (mengaplikasikan). Selain itu dalam membina kesalehan sosial santri, TPA Bahrul Ulum memberikan pola pembinaan berupa pola materi dan metode pembinaan. Pola materi meliputi materi agama atau akidah dan materi sosial atau akhlak. Sedangkan pada pola metode pembinaan, TPA Bahrul Ulum dalam membina para santri yakni menggunakan metode klasikal dan juga perorangan (privat). Sementara berdasarkan pengamatan peneliti dan wawancara dengan beberapa informan, TPA Bahrul Ulum memberikan kontribusi peran yang nyata dan juga membantu institusi pendidikan formal seperti sekolah dan institusi pendidikan informal seperti keluarga dalam memberikan pendidikan akidah dan akhlak yang berdasarkan pada nilai-nilai agama.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rosita Adiani, M.A. ; 2). Dra. Ikhlasiah Dalimonthe, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 06:08 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 06:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34125 |
Actions (login required)
View Item |