PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DRESS UP UNTUK PENGENALAN IDENTITAS GENDER SEBAGAI ANTISIPASI PERILAKU LGBT PADA ANAK USIA DINI(Penelitian dan Pengembangan Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Bekasi)

LATHIPAH HASANAH, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DRESS UP UNTUK PENGENALAN IDENTITAS GENDER SEBAGAI ANTISIPASI PERILAKU LGBT PADA ANAK USIA DINI(Penelitian dan Pengembangan Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Bekasi). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran dress up untuk mengenalkan identitas gender sebagai antisipasi perilaku LGBT pada anak usia dini. Tujuan lainnya adalah menghasilkan media pembelajaran dress up yang layak dan efektif digunakan untuk mengenalkan identitas gender sebagai antisipasi perilaku LGBT pada anak usia dini. Metode yang digunakan penelitian dan pengembangan model Dick & Carey. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa anak-anak perlu untuk dikenalkan tentang identitas gendernya dan setuju dengan penggunaan media sebagai alat dalam pengenalan identitas gender. Dengan mengenalkan identitas gender sejak dini dapat membentengi dan mencegah anak usia dini dari ancaman krisis indentitas gender yang mulai tinggi. Penting sejak dini mengajarkan anak-anak tau tentang identitas gendernya sesuai fitrah masing-masing, itulah kenapa membuat media dress up ini dirasa penting untuk dikembangkan. Guru atau orangtua menjadi garda terdepan untuk menjaga anak-anak kita dari paham-paham yang tidak sejalan dengan agama dan budaya kita. Responden penelitian adalah anak-anak Kelompok Bermain (KB) yang berada di kota dan kabupaten Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media dress up yang dikembangkan dengan model Dick & Carey untuk pengenalan identitas gender yang meliputi aspek pengetahuan, pemahaman, dan penerimaan anak tentang identitas gendernya layak digunakan berdasarkan hasil uji kelayakan melalui proses uji pakar/ahli. Beberapa pakar/ahli yang terlibat yaitu ahli media, ahli desain, ahli PAUD dalam hal ini untuk memvalidasi kesesuaian konten, dan guru PAUD sebagai pengguna. Selain itu, media dress up untuk pengenalan identitas gender efektif digunakan berdasarkan hasil pretest dan posttest pada tahap uji kelompok besar. Kata kunci: Media Dress Up, Pengenalan Identitas Gender, Perilaku LGBT, Anak Usia Dini ******** ABSTRACT The purpose of this study was to produce dress up media to introduce gender identity as an anticipation of LGBT behavior in early childhood. Another goal is to produce appropriate and effective dress-up media used to introduce gender identity in anticipation of LGBT behavior in early childhood. The method used is research and development Dick & Carey model. Preliminary studies show that children need to be introduced to their gender identity and agree with the use of media as a tool in gender identity recognition. By introducing gender identity in early age, it can fortify and prevent early childhood from the threat of a gender identity crisis. It is important from an early age to teach children to know about their gender identity according to their respective natures, that's why making dress up media is considered important to be developed. Teachers or parents are at the forefront to protect our children from ideas that are not in line with our religion and culture. The research respondents were Playgroup (KB) children in the city and district of Bekasi. The results showed that the dress up media developed with the Dick & Carey model for gender identity recognition which includes aspects of knowledge, understanding, and acceptance of children about their gender identity is appropriate to use based on the results of the feasibility test through an expert test process. Several experts involved are media experts, design experts, PAUD experts in this regard to validate the suitability of content, and teachers as users. In addition, dress up media for gender identity identification is effectively used based on the results of the pretest and posttest in the large group test stage. Keywords: Dress Up Media, Introduction Gender Identity, LGBT Behavior, Early Childhood

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. ; 2). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 14654 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 00:47
Last Modified: 18 Jan 2024 04:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34426

Actions (login required)

View Item View Item