PENGARUH VARIASI BOBOT ROLLER WEIGHT CVT TERHADAP AKSELERASI SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 150

ARYA FIRMANSYAH, . (2022) PENGARUH VARIASI BOBOT ROLLER WEIGHT CVT TERHADAP AKSELERASI SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 150. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy

Abstract

Sepeda motor matic Honda Vario 150 memiliki beberapa kelemahan, namun salah satu kelemahan yang sering terjadi adalah akselerasi sepeda motor yang lambat dari rpm rendah ke menengah. Dan sistem transmisi CVT merupakan salah satu yang berpengaruh terhadap akselerasi sepeda motor yang lambat dari rpm rendah ke menengah. Tujuan dari penelitian ini menganalisis hasil pengujian penggunaan roller weight weight dengan bobot Standard (18 gram), 16 mix Standard, dan 16 gram untuk mendapatkan nilai akselerasi terbaik pada sepeda motor matic Honda Vario 150. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan menggunakan dua metode penelitian. Metode penelitian pertama yaitu pengujian dengan Dynamometer untuk mendapatkan data daya kuda, torsi, dan rpm. Untuk metode penelitian kedua yaitu pengukuran akselerasi dengan software LoggerPro untuk mendapatkan data akselerasi. Roller weight Standard (18 gram) menjadi roller weight dengan akselerasi tercepat pada sepeda motor Honda Vario 150. Hal ini dibuktikan dengan akselerasi rata-rata sebesar 2,98 m/s2. Sedangkan roller weight 16 mix Standard (18 gram) dan 16 gram mengalami penurunan akselerasi. Untuk roller weight 16 mix Standard terjadi penurunan akselerasi sebesar 15,44 % dengan akselerasi rata-rata sebesar 2,52 m/s2. Dan pada roller weight 16 gram terjadi penurunan akselerasi sebesar 28,86 % dengan akselerasi rata-rata sebesar 2,12 m/s2. *** Honda Vario 150 automatic motorcycle has a number of problem , however wrong one frequent weakness occur is acceleration slow motorbike from low rpm to medium . and system transmission CVT is wrong influential one to acceleration slow motorbike from low rpm to medium . Destination from study this analyze results testing use roller weight weight with weight Standard (18 grams) , 16 mix Standard , and 16 grams for get score acceleration best on Honda Vario 150 automatic motorcycle . Method research used is method study experiment with use two method research . Method study first that is testing with Dynamometer for get power data horsepower , torque, and rpm. For method study second that is measurement acceleration with LoggerPro software for get acceleration data . Roller weight Standard (18 grams) to roller weight with acceleration fastest on Honda Vario 150 motorcycle . This is proven with average acceleration of 2.98 m/s2. While the roller weight 16 mix Standard (18 grams) and 16 grams experienced drop acceleration . For roller weight 16 mix Standard occur drop acceleration of 15,44 % with average acceleration of 2.52 m/s2. And on the 16 gram roller weight it happens drop acceleration of 28.86 % with average acceleration of 2.12 m/s2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Riyadi, M.T ; 2). Dr. Darwin Rio Budi Syaka, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 15630 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:44
Last Modified: 05 Sep 2022 07:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34488

Actions (login required)

View Item View Item