NASORI EFENDI, . (2022) PEMBELAJARAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENULIS ESAI ARGUMENTATIF MAHASISWA (Penelitian Analisis Isi Kualitatif di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Wiralodra). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (955kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian kualitatif ini tentang pembelajaran berpikir kritis dalam menulis esai argumentatif mahasiswa (penelitian analisis isi kualitatif di prodi pendidikan bahasa Inggris FKIP Universitas Wiralodra). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis secara rinci dan mendalam pembelajaran berpikir kritis dalam menulis esai argumentatif mahasiswa dengan fokus: 1) Representasi berpikir kritis, yang mencakup elemen-elemen dan pola-pola berpikir kritis, dalam tulisan esai argumentatif mahasiswa; 2) Kemampuan berpikir kritis, yang mencakup tingkat dan jenis-jenis berpikir kritis, dalam tulisan esai argumentatif mahasiswa; 3) Pengembangan berpikir kritis, yang mencakup persepsi, masalah dan tantangan yang dihadapi, serta strategi pemecahan masalah, dalam menulis esai argumentatif. Metode yang digunakan adalah analisis isi kualitatif yang berbagi fitur dengan pendekatan makna tematik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen teks, kuesioner terbuka, dan wawancara. Data yang diperoleh adalah 91 teks esai argumentatif dari partisipan mahasiswa prodi pendidikan bahasa Inggris dan 13 teks wawancara. Data dianalisis dengan bantuan piranti lunak NVivo 12 Plus. Hasil-hasil penelitian kualitatif ini mengungkap deskripsi pola-pola model mental/mindset yang didasarkan pada elemen-elemen argumen logis dalam thesis statement, berpikir dengan penalaran sistematis dalam menyampaikan pendapat dan memperkuat argumen, berpikir analitis dan evaluatif dalam mengidentifikasi fenomena dan isu yang berkembang, berpikir dengan sikap kritis dalam mengambil keputusan, dan berpikir dengan strategi penyelesaian masalah yang tepat; deskripsi jenis-jenis dan tingkat berpikir kritis mahasiswa dari berpikir tingkat rendah, berkembang, hingga berpikir tingkat tinggi; deskripsi masalah dan tantangan yang dihadapi mahasiswa; serta deskripsi strategi pemecahan masalah pengembangan berpikir kritis mahasiswa dalam menulis. Dari hasil-hasil penelitian kualitatif ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran berpikir kritis dalam menulis esai argumentatif mahasiswa membutuhkan pengalaman belajar yang kompleks, serta bimbingan pembelajaran berpikir kritis dalam menulis yang luas dan sungguh-sungguh yang mendukung mindset (model mental) dan pemahaman substansial berpikir kritis untuk dapat mewujudkan berpikir kritis yang lebih baik yang direpresentasikan dalam bentuk tulisan. ******** This qualitative research is about learning of critical thinking in writing students’ argumentative essays (a qualitative content analysis research in English Education Department of FKIP of Universitas Wiralodra). The purpose of this study is to analyze in detail and in depth the learning of critical thinking in writing students’ argumentative essays with a focus on: 1) Representation of critical thinking, which includes elements and patterns, in students’ argumentative essay writing; 2) Critical thinking skills, which includes the level and types of critical thinking in students’ argumentative writing; 3) Development of critical thinking, which includes students’ perceptions, problems and challenges faced by students, and problem solving strategies, in writing students’ argumentative essays. The method used is a qualitative content analysis which shares features with a thematic meaning approach. Data collection techniques used in this study were text document, open questionnaires, and interviews. The data obtained are 91 argumentative essay texts as well as 13 text of interviews. The data were analyzed with the help of NVivo 12 Plus software. The results of this qualitative research reveal descriptions of patterns of mental models/mindset of critical thinking in writing, which are based on elements of logical argument in writing the thesis statement, systematic thinking in reasoning in expressing opinions and strengthening arguments, analytical and evaluative thinking in identifying phenomena and developing issues, critical thinking in making decisions, and critical thinking with appropriate problem solving strategies; description of the types and levels of critical thinking of students from low level critical thinking, developing order, to higher-order thinking level; description of problems and challenges faced by students; as well as a description of students' problem solving strategies in developing critical thinking in writing. From the results of this qualitative study, it can be concluded that learning of critical thinking in writing students’ argumentative essays requires complex learning experiences, as well as guidance for learning critical thinking in writing broadly and seriously that supports a mindset (mental model) and substantial understanding of critical thinking in order to actualize better critical thinking as represented in written forms
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan |
Depositing User: | Users 15669 not found. |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 01:29 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 05:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34498 |
Actions (login required)
View Item |