GABRIELLIA OKTAVIANI PRABOWO, . (2022) HUBUNGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL DENGAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM EKSKRESIH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (177kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (386kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
*ABSTRAK* Pembelajaran biologi di abad 21 membuat peserta didik harus menguasai konsep materi dalam pembelajaran, salah satunya materi sistem ekskresi. Regulasi diri dalam belajar merupakan cara peserta didik dalam mengelola pembelajarannya. Digitalisasi di abad 21 menuntut peserta didik harus memiliki literasi digital, dimana peserta didik dapat terampil mengendalikan teknologi dan informasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan penguasaan konsep sistem ekskresi, hubungan antara literasi digital dengan penguasaan konsep sistem ekskresi, serta hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan literasi digital dengan penguasaan konsep sistem ekskresi. Metode penelitian berupa deskriptif dengan studi korelasional. Penelitian dilaksanakan di SMAN 6 Jakarta, melibatkan 94 peserta didik kelas XI IPA sebagai sampel dengan teknik multi-stage sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Uji menunjukkan terdapat hubungan positif dan linear yang signifikan antara regulasi belajar dengan penguasaan konsep sistem ekskresi, hubungan positif dan linear yang signifikan antara literasi digital dengan penguasaan konsep sistem ekskresi, serta hubungan positif dan linear yang signifikan antara regulasi diri dalam belajar dan literasi digital secara bersamaan dengan penguasaan konsep sistem ekskresi. Tindak lanjut diperlukan untuk memfasilitasi adanya regulasi diri dalam belajar dan literasi digital peserta didik untuk meningkatkan penguasaan konsep sistem ekskresi. . *ABSTRACT* Biology learning in the 21st century makes students have to understand concepts in learning, including for the excretory system chapter. Self-regulated learning is a way for students to manage their learning. Digitalization requires students to have digital literacy, where students are skilled at controlling technology and information in learning. This study aimed to analyze the relationship between self- regulated learning with conceptual l understanding of the excretory system, the relationship between digital literacy with conceptual understanding of the excretory system, then the relationship between self-regulated learning and digital literacy with conceptual understanding of the excretory system. Descriptive method is used with a correlational study and carried out in SMAN 6 Jakarta, involving 94 students of class XI science as samples. Questionnaires and tests is used as instruments. It can be seen that there is a linear and positive relationship significantly between self-regulated learning with conceptual understanding, linear and positive relationship significantly between digital literacy with conceptual understanding, then linear and positive relationship significantly between self-regulated learning and digital literacy simultaneously with conceptual understanding of the excretory system. More action needed to facilitate the students’ self-regulated learning and digital literacy in order to increase the excretory system concept understanding.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Rusdi, M.Biomed. 2) Dr. Rizhal Hendi Ristanto, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Sains > Anatomi Manusia Sains > Fisiologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 15387 not found. |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 02:05 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 00:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34568 |
Actions (login required)
View Item |