PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS HYPERCONTENT PADA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN USAHA BUSANA

MARIA HARAHAP, . (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS HYPERCONTENT PADA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN USAHA BUSANA. Magister thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan dan mengetahui efektivitas e-modul hypercontent pada materi pengembangan usaha busana. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Research and Development (R & D) dengan menggunakan model instruksional ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel penelitian ini adalah 32 mahasiswa Sekolah tinggi Desain Interstudi pada mata kuliah kewirausahaan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan media e-modul hypercontent ini menggunakan model instruksional ADDIE. (2) Hasil uji kelayakan media e-modul hypercontent divalidasi oleh ahli materi didapatkan persentase angket sebesar 74,90%, ahli bahasa 61,45 persentase angket yang diperoleh dan divalidasi ahli media sebesar 93,43% serta diperkuat dengan data pendukung yaitu evaluasi oleh siswa sebesar 85,75% sehingga media e-modul hypercontent dikategorikan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. (3) Hasil uji efektivitas adalah ada pengaruh e-modul hypercontent pada materi pengembangan usaha busana. Hasil perhitungan rata-rata nilai yaitu pretest yaitu sebesar 61.40 dan rata-rata nilai postest sebesar 82,96 sehingga terdapat kenaikan sebesar 21,56 pada nilai rata-rata setelah pemberian treatment e-modul hypercontent. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa media e-modul efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi pengembangan usaha busana. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul elektronik yang dikembangkan layak dan efektifitas digunakan dalam pembelajaran pengembangan usaha busana pada mahasiswa Sekolah Tinggi Desain Interstudi.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1).Prof. Dr. Basuki Wibawa, M.M. ; 2).Ibu Dr. Uswatun Hasanah, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 15930 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 05:35
Last Modified: 05 Sep 2022 05:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34708

Actions (login required)

View Item View Item