UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TEKNIK COOPERATIVE SCRIPT

IIK HIKMATILLAH, . (2009) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TEKNIK COOPERATIVE SCRIPT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (52kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Judul,Lembar Pengesahan,Abstrak,Motto dan persembahan,Kata Pengantar,Daftar Isi,Daftar Lampitan,D.pdf

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui pendekatan kooperatif dengan teknik cooperative script. Penelitian lapangan dilakukan selama kurang lebih dua bulan, terhitung mulai dari akhir bulan Juli sampai pertengahan September tahun 2008 di SMP Negeri 216 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII.9 yang berjumlah 39 siswa terdiri dari 19 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: a) perencanaan b) tindakan c) observasi d) refleksi. Dalam penelitian ini peneliti sebagai tenaga pengajar dang guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai kolaborator. Peneliti mencukupkan penelitian pada siklus ketiga karena hasil belajar IPS siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan sekolah sebesar 75,00. Pada siklus ketiga proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik sehingga hasil yang diperoleh siswa sesuai dengantujuan pembelajaran. Kesimpulan penelitian, bahwa dengan dilaksanakannya pendekatan kooperatif teknik cooperative script pada kenyataannya mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Peningkatan hasil belajar siswa dapat terlihat dari nilai post test yang meningkat setiap siklus. Hasil nilai rata-rata siklus pertama adalah 73,33 dan siswa yang belum memenuhi KKM sebanyak 22 orang. Nilai rata-rata siklus kedua adalah 74,47, dan sebanyak 16 siswa belum memenuhi KKM. Sedangkan nilai rata-rata siklus ketiga adalah 87,95, hampir seluruh siswa telah memenuhi KKM dan proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Corry Iriani. R, M. Pd. ; 2). Drs. Mustari Sadeli
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:53
Last Modified: 07 Sep 2022 06:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34909

Actions (login required)

View Item View Item