STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA SMP NURUL IMAN ARHANUD

NANDA ROSIANTI, . (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA SMP NURUL IMAN ARHANUD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy

Abstract

Di zaman sekarang ini hilangnya karater kepedulian semakin terlihat. Terjadinya krisis moral, lunturnya nilai-nilai kemanusiaan dan kepedulian sosial yang menipis. hal ini berdampak juga terhadap generasi penerus bangsa, seperti memudarnya empati siswa terhadap sesama, adanya sikap egois, tidak peduli dengan keadaan teman, perkelahian antar siswa, dll. Oleh sebab itu, guru dan lembaga pendidikan lainnya diharapkan mampu bekerjasama dalam meningkatkan intensitas dan kualitas pendidikan karakter peduli sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter peduli sosial siswa di SMP Nurul Iman Arahanud. Strategi yang digunakan meliputi berbagai nilai-nilai inti dalam karakter peduli sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dekriptif dengan melakukan pengkajian terkait pembahasan mengenai strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter peduli sosial siswa SMP Nurul Iman Arhanud. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam dan objek penelitian ini strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter peduli sosial siswa SMP Nurul Iman Arhanud. Hasilnya peneliti menemukan 5 kompetensi karakter peduli sosial yang harus ditingkatkan, yaitu: 1. Tidak suka menyakiti orang lain. 2. Tidak mengambil keuntungan dari orang lain. 3. Mampu bekerja sama. 4. Mau terlibat dalam kegiatan masyarakat. 5. Cinta damai dalam menghadapi persoalan. Dalam perencanaannya, strategi yang dilakukan guru PAI ialah menyusun RPP sesuai dengan silabus, program tahunan dan kalender akademik, menentukan metode dan media pembelajaran serta menyiapkan materi pembelajaran dan format penilaian. Sedangkan dalam pelaksanaannya, strategi yang dilakukan guru PAI ialah menggunakan strategi CTL, nasihat, ceramah, keteladanan dan pembiasaan serta materi pembelajaran PAI dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari serta menyediakan kegiatan tutor sebaya, bakti sosial, infaq jumat, infaq ramadhan dan jumat bersih. Sedangkan dalam evaluasinya, strategi yang dilakukan guru PAI ialah evaluasi perubahan perilaku dan evaluasi hasil belajar peserta didik. ***** In this day and age the loss of care is increasingly visible. Theexistence of a moral crisis, the fading of human values and depleted social care. Therefore, teachers and other educational institutions are expected to be able to cooperate in increasing the intensity and quality of character education caring for social carel. This study aims to find out how the strategy of Islamic religious education teachers in improving the social care character of students at Nurul Iman Arahanud Junior High School. The strategies used include various core values in the character of social care. The method used in this study is qualitatively descriptive by conducting an assessment related to the discussion of the strategy of Islamic religious education teachers in improving the social care character of students of SMP Nurul Iman Arhanud. The data collection technique is through interviews, observation and documentation. The subject of this study was an Islamic religious education teacher and the object of this study was the strategy of islamic religious education teachers in improving the social care character of students of SMP Nurul Iman Arhanud. The results of the researchers found 5 competencies of social care characters that must be improved, namely: 1. Don't like to hurt others. 2. Not taking advantage of others. 3. Able to work together. 4. Want to be involved in community activities. 5. Peace-loving in dealing with problems. In planning, the strategy carried out by PAI teachers is to compile rpp in accordance with the syllabus, annual program and academic calendar, determine learning methods and media and prepare learning materials and assessment formats. Meanwhile, in its implementation, the strategy carried out by PAI teachers is to use CTL strategies, advice, lectures, exemplary and habituation as well as PAI learning materials related to daily life and provide peer tutor activities, social services, friday infaq, ramadan infaq and clean friday. Meanwhile, in the evaluation, the strategy carried out by PAI teachers is to evaluate behavior changes and evaluate student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Izzatul Mardhiah, S.Ag., MA ; 2). Sari Narulita, Lc, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 16110 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:37
Last Modified: 06 Sep 2022 03:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34960

Actions (login required)

View Item View Item