PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENGANTAR MAWARIS

AMELIA PUTRI ANDINI, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENGANTAR MAWARIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Pengantar Mawaris Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Menganalisis kebutuhan media pembelajaran pada Materi Pengantar Mawaris, (2) Merancang model media pembelajaran video animasi pada Materi Pengantar Mawaris, (3) Membuat dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran video animasi yang layak digunakan sebagai media pembelajaran Materi Pengantar, (4) Mengimplementasikan media pembelajaran video animasi pada Materi Pengantar Mawaris, (5) Mengevaluasi media pembelajaran video animasi pada Materi Pengantar Mawaris. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Tahap Analysis, melakukan studi pendahuluan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran. Tahap Design, tahap pembuatan peta kompetensi, peta materi, garis besar isi media, dan naskah media. Tahap Development, pengembangan hingga menjadi sebuah media yang siap untuk di validasi serta di ujicoba. Tahap Implementation, peserta didik mengerjakan soal pretest sebelum dan posttest setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran Video Animasi. Tahap Evaluation, mengevaluasi hasil pada tahapan-tahapan yang telah dilalui serta melakukan revisi terhadap media. Subjek penelitian iniadalah peserta didik kelas XII MIPA 1, 2, 3, dan 4 SMAN 70 Jakarta Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik analisis validitas instrumen kelayakan media menggunakan SBI, sedangkan untuk analisis hasil belajar menggunakan Normalized Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata nilai pretest sebesar 53% dari 100% sedangkan, rata-rata nilai posttest sebesar 63% dari 100%. Adapun nilai interval Normalized Gain yang diperoleh yaitu sebesar 0,21 yang termasuk dalam kategori rendah sehingga media pembelajaran video animasi ini dapat dikatakan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada materi pengantar mawaris. ***** The purpose of this study is to find out: (1) Analyze the needs of learning media in the Introductory Mawaris Material, (2) Design an animation video learning media model on the Mawaris Introductory Material, (3) Create and produce products in the form of animated video learning media that are suitable for use as learning media Introductory Material, (4) Implement animation video learning media in the Introductory Mawaris Material, (5) Evaluate animation video learning media on the Material Introduction to Mawaris. The type of research used is Research and Development (R&D) with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model developed by Robert Maribe Branch. Analysis stage, conducting a preliminary study of the problems faced in learning. Design stage, competency map making stage, material map, media content outline, and media script. Development stage, development to become a medium that is ready to be validated and tested. Implementation stage, students do pretest questions before and posttest after participating in learning using Animated Video learning media. Evaluation stage, evaluating the results at the stages that have been passed and revising the media. The subjects of this study are students of class XII MIPA 1, 2, 3, and 4 of SMAN 70 Jakarta for the 2021/2022 Academic Year. The technique of analyzing the validity of media feasibility instruments uses SBI, while for the analysis of learning outcomes using Normalized Gain. The results showed that: the average pretest value was 53% from 100% while, the average posttest value was 63% from 100%. The Normalized Gain interval value obtained is 0.21 which is included in the low category so that this animated video learning media can be said to be effective enough in improving learning outcomes in the introductory material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rihlah Nur Aulia, MA 2). Sari Narulita, MA
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 15991 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:12
Last Modified: 07 Sep 2022 01:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35146

Actions (login required)

View Item View Item