STRATEGI PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS SMP QUR’AN AL-IHSAN)

MEGA AGUSTINA, . (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS SMP QUR’AN AL-IHSAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (979kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitain ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi Covid-19. Guru harus mampu menjadi motivator bagi siswa agar siswa semangat dalam menjalankan proses pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan penelitian dilakukan di SMP Qur’an Al-Ihsan Jakarta selama kurang lebih dua bulan lamanya, dimana penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Komprehensivitas data didapat melalui studi wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan secara langsung dengan narasumber yakni kepala sekolah, guru serta siswa SMP Qur’an Al-Ihsan Jakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang Strategi dan Motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dalam memotivasi siswa sangat berpengaruh terhadap hasil dan tujuan belajar yang dicapai. Strategi yang digunakan untuk meningkatkan ketekunan siswa yaitu dengan cara menampilkan video motivasi dan pemberian tugas melalui quiz, strategi untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dengan penggunaan media yang menarik serta pemberian tugas yang berkelompok, selanjutnya strategi guru untuk meningkatkan keuletan yaitu dengan metode belajar yang atraktif seperti membut video youtube. Strategi-strategi tersebut digunakan guru untuk menjadikan siswa termotivasi dalam belajar. ***** The purpose of this study is to describe learning strategies in increasing motivation to learn Islamic Religious Education during the Covid-19 pandemic. Teachers must be able to be a motivator for students so that students are enthusiastic in carrying out the learning process. The implementation of research activities carried out at SMP Qur'an Al-Ihsan Jakarta for approximately two months, where this study used a descriptive type of research. The comprehensiveness of the data was obtained through interview and documentation studies. This research was conducted directly with the resource persons, namely the principal, teachers, and students of SMP Qur'an Al-Ihsan Jakarta. The theory used in this research is the theory of Strategy and Motivation. The results showed that the strategies used by teachers in the learning process in motivating students greatly influenced the results and learning objectives achieved. The strategy used to increase student persistence is by showing motivational videos and giving assignments through quizzes, strategies to improve problem-solving skills by providing interesting media and giving the next assignment, then the teacher's strategy to increase tenacity is by attractive learning methods such as making youtube videos. Strategies used by teachers to make students think in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sari Narulita, Lc., M.Si. 2). Mushlihin, S.Pd.I,. M.A.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 15420 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:31
Last Modified: 08 Sep 2022 01:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35275

Actions (login required)

View Item View Item