NURLAELA HARYATI, . (2022) PENGARUH METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PAI (PENELITIAN EKSPERIMEN DI SMAN 105 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (366kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (994kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan data empirik tentang bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran case based learning terhadap minat belajar PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 105 Jakarta yang berjumlah 20 siswa dari masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tahap pra (sebelum) eksperimen, tahap treatment (perlakuan), tahap pasca (setelah) eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dengan penggunaan model pembelajaran case based learning, dimana pada tahap akhir yaitu post-test signifikansinya 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan yang menggunakan metode ceramah yaitu 0,42 lebih besar dari 0,05. Selanjutnya terlihat dari nilai rata-rata setelah tes pada model pembelajaran case-based learning adalah 87,75 dan metode ceramah adalah 78,25. dan dapat menunjukkan peningkatan terhadap minat belajar pada siswa pada mata pelajaran PAI. ***** This study aims to determine how the effect of using the case based learning model on interest in PAI learning. The method used in this study is a quantitative method. The sample used in this study were students of SMA Negeri 105 Jakarta, totaling 20 students from each class. The data collection technique used is the pre (before) experiment, treatment stage, post-experimental stage. The data analysis technique used to test the hypothesis is the paired sample t-test. The results of this study indicate that there is a positive and significant effect with the use of the case-based learning model, where in the final stage, namely the post-test, the significance is 0.000 less than 0.05. Meanwhile, those who use the lecture method are 0.42 which is greater than 0.05. Furthermore, it can be seen from the average value after the test on the case-based learning model is 87.75 and the lecture method is 78.25. and can show an increase in student interest in learning in PAI subjects.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Andy Hadiyanto, M.A. 2). Dr. Amaliyah, S.Ag., M.A. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 15919 not found. |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 02:03 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 02:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35297 |
Actions (login required)
View Item |