KONTRIBUSI PEMBELAJARAN TASAWUF DALAM PENGUATAN KECERDASAN SPIRITUAL MAHASISWA PRODI PAI FIS UNJ

RESKI GUSTI PANGERAN, . (2022) KONTRIBUSI PEMBELAJARAN TASAWUF DALAM PENGUATAN KECERDASAN SPIRITUAL MAHASISWA PRODI PAI FIS UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran tasauwf menjadi salah satu komponen dan berkaitan dengan kecerdasan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kontribusi Pembelajaran Tasawuf dalam Penguatan Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Prodi PAI FIS UNJ yang terdiri dari komponen teori dari kecerdasan spiritual yaitu spiritual keagamaan, sosial keagamaan dan etika sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis kualitatif untuk mendeskripsikan dan menganalisis penguatan kecerdasan spiritual pada mahasiswa Prodi PAI FIS UNJ melalui pembelajaran tasawuf. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah dosen mata kuliah tasawuf dan mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam FIS UNJ 2018-2020. Penelitian dilakukan di program studi Pendidikan Agama Islam UNJ yang dilakukan selama bulan Maret 2022 dengan mengambil data dari dosen dan mahasiswa terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran tasawuf mampu berkontribusi aktif dalam penguatan kecerdasan spiritual mahasiswa Prodi PAI FIS UNJ melalui beberapa indikasi, diantaranya: (1) Adanya penguatan spiritual keagamaan yang terjadi pada mahasiswa dapat dilihat melalui sikap-sikap yang relevan dengan relasi spiritual keagaaman dan implementasinya pada mahasiswa itu sendiri, seperti terjadinya penguatan kecerdasan spiritual melalui pembelajaran tasawuf pada mahasiswa Prodi PAI FIS UNJ dapat dilihat dari sikap yang menjadi aspek dari spiritual keagamaan. (2) Terjadinya penguatan kecerdasan spiritual melalui pembelajaran tasawuf pada mahasiswa Prodi PAI FIS UNJ dapat dilihat dari sikap yang menjadi aspek dari sosial keagamaan yang mengindikasikan bahwa adanya kontribusi kepada kecerdasan spiritual mahasiswa yaitu terdapat pada materi yang berkaitan dengan aspek sikap sosial kagamaan dan hasil wawancara pada mahasisa. (3) Berbagai elemen dalam etika sosial pada pembelajaran tasawuf sudah berorientasi pada etika sosial, oritentasi tersebut ditemukan dalam materi-materi yang terdapat dalam rancangan pembelajaran semester dan hasil wawancara mahasiswa serta dosen pengampu yang memperlihatkan adanya kontribusi antara pembelajaran tasawuf dengan pengaplikasian sikap-sikap etika sosial dalam kehidupannya. ***** Sufism learning is one component and is related of spiritual intelligence. This study aims to describe and analyze the Contribution of Sufism Learning in Strengthening Spiritual Intelligence of PAI FIS UNJ Students which consists of theoretical components of spiritual intelligence, namely religious spiritualy, religious social and social ethics. This research uses qualitative type of research using a descriptive qualitative analysis approach to describe and analyze the strengthening of spiritual intelligence in PAI FIS UNJ student’s trough learning Sufism. Sources of data obtained from the results of in-depth interviews and documentation studies. The objects in this research were lecturers of Sufism courses and students of the 2018-2020 Islamic Religious Education FIS UNJ study program. The research was conducted in the Islamic Religious Education study program of UNJ which was carried out during March 2022 by taking data from related lecturers and students. The results of this research indicate that Sufism learning is able to actively contribute to strengthening the spiritual intelligence of PAI FIS UNJ students through several indications, including: (1) The existence of religious spiritual strengthening that occurs in students can be seen through attitudes that are relevant to religious spiritual relations and its implementation on the students themselves, such as the strengthening of spiritual intelligence through learning Sufism in PAI FIS UNJ students can be seen from the attitude that is an aspect of religious spirituality. (2) The occurrence of strengthening spiritual intelligence through learning Sufism in PAI FIS UNJ students can be seen from the attitudes that are aspects of the socio-religious which indicate that there is a contribution to the spiritual intelligence of students, namely in materials related to aspects of religious social attitudes and the results of interviews at students. (3) Various elements in social ethics in Sufism learning have been oriented to social ethics, this orientation is found in the materials contained in the semester learning Sufism and the application of ethical attitudes on social life.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Andy Hadiyanto, M.A. 2). Sari Narulita, Lc., M.Si.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 15016 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:32
Last Modified: 08 Sep 2022 02:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35301

Actions (login required)

View Item View Item