JINAS DAN THIBAQ DALAM KITAB MAULID AD-DIIBA’I KARYA SYEIKH JALIL ABDURRAHMAN AD-DIIBA’I SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN BALAGHAH

AHMAD SANUSI, . (2013) JINAS DAN THIBAQ DALAM KITAB MAULID AD-DIIBA’I KARYA SYEIKH JALIL ABDURRAHMAN AD-DIIBA’I SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN BALAGHAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Cover skripsi.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan .pdf

Download (214kB)
[img] Text
daftar isi_fiks.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 1-5.pdf

Download (650kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang Jinas dan Thibaq dalam Kitab Maulid Ad-Diiba’I karya Syeikh Jalil Abdurrahman Ad-diiba’I ( serta Implikasinya terhadap Pengajaran Balaghah ). Besar harapan agar hasil dari penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pengajaran balaghoh bagi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan teknik analisis isi berdasarkan kajian pustaka. Fokus penelitian ini adalah Jinas dan Thibaq dalam Kitab Maulid Ad-Diiba’I karya Syeikh Jalil Abdurrahman Ad�diiba’I.. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat 50 Bait yang berkaitan dengan Jinas dan Thibaq dalam Kitab Maulid Ad-diba’I Karya Syeikh Jalil Abdurrahman Ad-diba’i, setelah Penulis menganalisis Bait terdapat 39 Jinas yang terdiri dari 4 macam : 1 Bait Jinas At-tam (2,56%), dan 29 Bait Jinas ghoiru Tam (74,36), dan 9 Bait Jinas Isytiqoq (23,8), dan tidak terdapat Jinas Mutlaq. Dan terdapat juga 11 Bait dari Thibaq yang terbagi menjadi 2: 11 Bait Thibaq Ijabii (100%), dan tidak terdapat Thibaq Salbii. Implikasi penelitian terhadap pengajaran Balaghah yakni menjadikan Kitab maulid Ad-Diiba’I sebagai salah satu bahan pelajaran khususnya dalam pengajaran Balaghah pada tingkatan mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Emzir, M. Pd ; 2). Drs. Romdani, M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:47
Last Modified: 08 Sep 2022 02:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35372

Actions (login required)

View Item View Item