EFALDHO PRADITAMA NIRZON, . (2022) POLA RITMIK LANGGIR BADONG PADA LAGU LANGGIR BADONG DI SANGGAR EDAS KOTA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (797kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (503kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Kata kunci : Langgir Badong, Pola ritmik Langgir Badong Langgir Badong yaitu sebuah kesenian yang cukup baru dalam dunia tradisi sunda atau secara lebih luas tradisi Indonesia, Lebih dikhususkan kepada alat musik Langgir Badong itu sendiri. Pada alat musik ini terdapat hal-hal yang cukup khas dalam lagu Langgir Badong, sehingga penulis ingin menggali lebih dalam tentang alat musik ini, lebih spesifiknya pada pola ritmik dalam lagu Langgir Badong. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola ritmik Langgir Badong pada lagu Langgir Badong serta mendokumentasikan musik Langgir Badong dalam bentuk notasi balok sebagai upaya melestarikan kesenian tradisional Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian pola ritmik ini di Sanggar Edas. Dalam hal ini penulis melakukan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi serta penulis melakukan studi pustaka tentang sejarah Langgir Badong serta Sanggar Edas. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber, sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan mengetahui kebenarannya. Teknik analisis data terdiri atas sajian data, reduksi data, dan penarik kesimpulan Hasil penelitian ini menemukan bahwa pola ritmik dasar yang ada pada Langgir Badong yaitu Ngecrek (pola yang didominasi oleh kecrek), Jedag (pola yang dipukul secara bersamaan), dan Gambangan (pola mengulang pada gambang). Pola tersebut adalah sebagai syarat utama pada lagu Langgir Badong. Disamping itu terdapat peluasan pola ritmik, pengulangan-pengulangan dan kalimat-kalimat tanya dan kalimat jawab pada lagu Langgir Badong. Dengan demikian Langgir badong memiliki tiga pola dasar namun tidak menutup kemungkinan untuk pemainnya melakukan improvisasi berdasarkan pada pola-pola tersebut sesuai dengan kebutuhan aransemen. *********** English : ABSTRACT Keywords: Langgir Badong, Langgir Badong rhythmic pattern. Langgir Badong is a fairly new art in the world of Sundanese tradition or more broadly Indonesian tradition, more so for the Langgir Badong musical instrument itself. In this musical instrument there are things that are in the Langgir Badong song, so the author wants to dig deeper about this musical instrument, more specifically on the rhythmic pattern in the Langgir Badong song. Therefore, this study aims to determine the rhythmic pattern of Langgir Badong in Langgir Badong's song and to document Langgir Badong's music in the form of block notation as a traditional Indonesian effort. The method used in this research is qualitative method. The research location for this rhythmic pattern is in Sanggar Edas. In this case the authors collect data using interviews, observations, documentation and the authors conducted a literature study about the history of Langgir Badong and Sanggar Edas. The validity of the data is done by triangulation of sources, because in this study the data obtained will be collected and find out the truth. Data analysis techniques consist of data presentation, data reduction, and drawing conclusions The results of this study found that the basic rhythmic patterns that exist in Langgir Badong are Ngecrek (a pattern dominated by kecrek), Jedag (a pattern that is beaten simultaneously), and Gambangan (a pattern repeated on a xylophone). This pattern is the main requirement in the Langgir Badong song. In addition, there is an expansion of rhythmic patterns, repetitions and questions and answers in the Langgir Badong song. Thus Langgir Badong has three basic patterns but it is possible for the players to improvise based on these patterns according to the arrangement needs.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hery Budiawan, M.Sn. |
Subjects: | Seni Musik > Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Users 15964 not found. |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 08:00 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 08:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35438 |
Actions (login required)
View Item |