PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR DI SMK NEGERI JAKARTA TIMUR

UMI NURUL HIKMAH, . (2022) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR DI SMK NEGERI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara perhatian orang tua, motivasi belajar, dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar kelas X Akuntansi SMK Negeri di Jakarta Timur. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri di Jakarta Timur dengan populasi terjangkau sebanyak 213 peserta didik serta jumlah sampel sebanyak 138 responden. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t dan F. Hasil pada uji t menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar, motivasi belajar terhadap hasil belajar, dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar. Hasil uji F menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara perhatian orang tua, motivasi belajar, dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar. Pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar, dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar memperoleh koefisien determinasi sebesar 13,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. *** This study aims to determine the effect of parental attention, learning motivation, and emotional intelligence on student learning results in basic accounting subjects in class X Accounting at State Vocational High Schools in East Jakarta. The population in this study were students of class X Accounting at State Vocational Schools in East Jakarta with an affordable population of 213 students and a total sample of 138 respondents. Testing the hypothesis in this study using t and F tests. The results on the t test show that there is a positive and partially significant influence between parents' attention to learning results, learning motivation to learning outcomes, and emotional intelligence on learning resultss. The results of the F test show that there is a simultaneous positive and significant influence between parental attention, learning motivation, and emotional intelligence on learning results. The influence of parental attention, learning motivation, and emotional intelligence on learning results obtained a coefficient of determination of 13.4%, the rest was influenced by other factors not examined.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mardi M.Si. ; 2). Dr. Rida Prihatni, SE, Ak., M.Si
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 16348 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2022 04:38
Last Modified: 11 Sep 2022 04:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35511

Actions (login required)

View Item View Item