MARIA DARWIS, . (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT SISWA KELAS IV MIS AL-ITTIHADIYAH JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK baru.pdf Download (58kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (304kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (192kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (148kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (50kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (40kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (123kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (60kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (62kB) |
|
Text
Surat Keterangan Validasi.pdf Download (47kB) |
|
Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf Download (30kB) |
|
Text
PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf Download (78kB) |
|
Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (70kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (211kB) |
|
Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJA,RAN SIKLUS I.II.pdf Download (40kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIS Al-Ittihadiyah Jakarta Utara, Jakarta tentang energi dan perubahannya dengan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat. Penelitian dilaksanakan di MIS Al-Ittihadiyah, Jakarta Utara yang berlokasi Jl,kali baru VI Kecamatan Cilincing Jakarta Utara dengan waktu penelitian yang dilakukan selama 1 bulan, yaitu bulan Juni semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang pada semester II tahun pelajaran 2010/2011. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral/siklus dari kemmis dan taggart dengan empat tahapan pada tiap siklusnya yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data meningkat .Pada siklus I skor nilai hasil belajar adalah 67,17% dan pada siklus II skor nilai meningkat menjadi 78,70% dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan model pendekatan Sain teknologi masyarakat meningkat. Implikasi hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV MIS AL-Ittihadiyah. ***** Purpose this research is for analyzing effort to increase success learned student class IV MIS AL-Ittihadiyah North Jakarta about energy with model. through comunuty tecknology approach Performance of research is in class IV MIS Al-Ittihadiyah North Jakarta in kali baru street Cilincing , North Jakarta. Performance of this result is about one 2011 at odd semester. Subject of the research is student class IV, 23 students on semester II education year 2010/2011. Method of research is class action research by using spiral model/cycle from kemmis and Taggrat with four steps in cycles wich is planning step, performance action, supervision/observation and reflection. Result of this research showing in cycle I 67,7% and in cycle II is 78,70% with this conditions, learning with using approach through comunuty technology tife could Improving learning student. Impication from this research is through comunuty technology Tife could prepare one of ways to increase success sains learning class IV elementary school.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Bambang Gonggo, M.Pd. ; 2). Drs. Andi Ali Salidin, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 14614 not found. |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 06:37 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 06:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35527 |
Actions (login required)
View Item |