PEMBELAJARAN ANGKLUNG DALAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER D'SYMBA DI SMAN 8 CIREBON

SURAMIHARJA DWI YANTO, . (2022) PEMBELAJARAN ANGKLUNG DALAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER D'SYMBA DI SMAN 8 CIREBON. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan data yang lebih mendalam mengenai bagaimana pembelajaran Angklung dalam kegiatan ekstrakulikuler D’Symba di SMAN 8 Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMAN 8 Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat. Objek penelitian ini adalah Pembelajaran Angklung dalam kegiatan ekstrakulikuler D’Symba di SMAN 8 Cirebon. Data yang dimuat merupakan hasil studi pustaka, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran alat musik Angklung di SMAN 8 Cirebon dibagi menjadi 3 tahapan pembelajaran yaitu tahap pembelajaran dasar, tahap pembelajaran lanjutan dan tahap mempersiapkan untuk lomba. Terdapat lima komponen utama dalam pembelajarannya yaitu adanya tujuan, isi/materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, imitasi dan drill. Materi pembelajaran Angklung di bagi menjadi beberapa materi sesuai dengan tingkatan kesulitannya, yaitu pembelajaran materi lagu Angklung dasar, materi lagu lanjutan dan materi lagu khusus yang dipersiapkan untuk perlombaan. Evaluasi pembelajaran dilakukan oleh pengajar diakhir pembelajaran. Aspek penilaiannya yang diukur yaitu ketepatan memainkan nada, interpretasi, penguasaan teknik, penghafalan materi, kekompakkan, penggunaan gerakan. Serta diadakakan evaluasi akhir yaitu dengan penampilan mainkan lagu dari hasil materi yang telah dipelajari selama proses pembelajaran. The purpose of this study is to find out and obtain more in depth data on how Angklung learning in D'Symba extracurricular activities at SMAN 8 Cirebon. The research method used is a qualitative research method with a descriptive qualitative approach. The research was conducted at SMAN 8 Cirebon, Cirebon City, West Java. The object of this study is Learning Angklung in D'Symba extracurricular activities at SMAN 8 Cirebon. The data contained are the results of literature studies, wawancara, observations, and documentation. K-interceptsdata using data triangulation. The result of this study is that the learning of the Angklung musical instrument in SMAN 8 Cirebon is divided into 3 stages of learning, namely the basic learning stage, the advanced learning stage and the preparation stage for the competition. There are five main components in learning, namely the existence of objectives, content / material, methods, media, and learning evaluation. Thelearning methods used are lectures, demonstrations, imitations and drills. Angklung learning materials are divided into several materials according to the level of difficulty, namely learning basic Angklung song materials, advanced song materials and special song materials prepared for the competition. Evaluation of learning is carried out by the teacher at the end of the lesson. The aspects of his assessment that are measured are the accuracy of playing the notes, interpretation, mastery of techniques, memorization of the material, cohesiveness, use of movements. As well as the final evaluation, namely by playing songs from the results of the material that has been learned during the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Clemy Ikasari Ichwan, M.Pd. 2). Didin Supriadi, S,Sen., M.Pd.
Subjects: Seni Musik > Musik
Seni Musik > Literatur Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 16423 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:15
Last Modified: 12 Sep 2022 07:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35673

Actions (login required)

View Item View Item