MUADIMATUL ULYA, . (2022) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 75 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (829kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (486kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Menulis merupakan salah satu bagian dari keterampilan berbahasa dengan cara menyuarakan pemikiran secara tulisan. Adapun yang diangkat dalam penelitian ini adalah keefektifan nilai siswa terhadap penggunaan media Prezi sebagai media pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman di kelas. Adapun metode pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian true experimental design. Langkah yang dilakukan yaitu menentukan judul, menentukan sampel, mengkaji teori-teori yang berkaitan dengan judul, pengumpulan informasi dari buku, jurnal, dan hasil riset terdahulu. Selanjutnya dilakukan penyusunan teori dan informasi yang telah diperoleh, mengidentifikasikan secra sistematis dan menganalisis hasil penelitian. Penelitian ini menghasilkan bahwa penggunaan media Prezi dapat dikatakan efektif terhadap nilai menulis bahasa Jerman siswa di kelas XI SMA Negeri 75 Jakarta setelah dilakukan metode penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar keterampilan menulis bahasa Jerman kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang diberikan perlakuan dan tidak diberi perlakuan. Hasil pretest kelas kontrol sebesar 82,25 dan kelas eksperimen 80,13. Sedangkan posttest setelah diberi perlakuan kelas kontrol mendapat 78,65 dan kelas eksperimen mendapat 86,03. Maka hipotesis yang diterima adalah Ha dengan bunyi terdapat keefektifan penggunaan media Prezi terhadap pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman kelas XI IPS SMA Negeri 75 Jakarta terkait topik makanan dan minuman (Essen und Trinken). **** Writing is one part of language skills by voicing thoughts in writing. As for what is raised in this study is the effectiveness of students' scores on the use of Prezi media as a medium for learning German writing skills in the classroom. The method in this research is a quantitative approach with a true experimental design. The steps taken are determining the title, determining the sample, reviewing theories related to the title, collecting information from books, journals, and previous research results. Furthermore, the theory and information obtained are compiled, systematically identified and the results of the research analyzed. This study resulted that the use of Prezi media values can be said to be effective in writing German students in class XI SMA Negeri 75 Jakarta after the research method was carried out. From the results of the study, it was found that the learning outcomes of German writing skills were in the experimental class and the control class, which were given treatment and not given treatment. The pretest results for the control class were 82.25 and the experimental class 80.13. While the posttest after being given treatment the control class got 78.65 and the experimental class got 86.03. So the accepted hypothesis is Ha with a sound that contains the effectiveness of using Prezi media on learning German writing skills in class XI IPS SMA Negeri 75 Jakarta related to the topic of food and beverages (Essen und Trinken).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Uryadi, M.Pd. ; 2). Muhammad Nur Ashar Asnur, M.Hum. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman |
Depositing User: | Users 16151 not found. |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 01:54 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 01:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35890 |
Actions (login required)
View Item |