SHAFA ANINDYA FITRI, . (2022) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (765kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap academic burnout pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi sederhana untuk pengujian hipotesis. Responden dalam penelitian ini berjumlah 222 mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang sedang mengerjakan skripsi, yang diperoleh dengan menggunakan teknik incidental sampling. Pada variabel academic burnout diukur dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Schaufeli, dkk (2002). Kemudian pada variabel dukungan sosial diukur dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Zimet, dkk (1988). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan dukungan sosial memiliki pengaruh negatif terhadap academic burnout pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Pada dukungan keluarga memiliki kontribusi sebesar 13,3% atau dengan kata lain yang paling mempengaruhi academic burnout dibandingkan dengan dukungan teman dan dukungan significant other. This study aims to determine the effect of social support on academic burnout for students who are working on a thesis at the State University of Jakarta. This study uses a quantitative approach with simple regression analysis for hypothesis testing. Respondents in this study amounted to 222 students of the State University of Jakarta who are working on a thesis, which was obtained by using incidental sampling technique. Academic burnout was measured using an instrument developed by Schaufeli, et al (2002), then social support was measured using an instrument made by Zimet et al (1988). The results of this study showed that social support had a significant negative effect on academic burnout for students who were working on their thesis. Family support has a contribution of 13,3% or in other words the most influencing academic burnout compared to the support of friends and significant other support.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Dr. R. A. Fadhallah, M.Si; 2.) Fellianti Muzdalifah, M.Psi. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Users 16392 not found. |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 06:34 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 06:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35965 |
Actions (login required)
View Item |