PENGEMBANGAN HASIL BELAJAR MELUKIS RAGAM HIAS PADA TOTE BAG MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS VII SMPN 196 JAKARTA

DEBBY KARMILA ANGELICA, . (2022) PENGEMBANGAN HASIL BELAJAR MELUKIS RAGAM HIAS PADA TOTE BAG MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS VII SMPN 196 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (577kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran ragam hias melalui CTL dengan media pembelajaran video tutorial dan PPT dapat mengembangkan kreativitas dan keterampilan siswa serta menjadi sebuah penyegaran bagi metode belajar seni budaya yang diterapkan di SMPN 196 Jakarta. Pemilihan tote bag sebagai media lukis dalam penelitian ini relevan untuk siswa usia 13-15 tahun karena pada usia tersebut siswa berada pada sekolah menengah pertama sehingga tote bag dapat dimanfaatkan untuk membawa perlengkapan tambahan sekolah. Penggunaan media pembelajaran video tutorial mampu memberikan kemudahan siswa untuk memahami cara berkarya lukis ragam hias, karena video tutorial sangat dibutuhkan dalam pembelajaran praktik dengan memberikan gambaran proses berkarya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan partisipan berjumlah 34 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, dokumen, dokumentasi, kuesioner, wawancara, dan lembar validasi media pembelajaran. Penilaian hasil karya siswa menggunakan tabel Brent G. Wilson dengan aspek penilaian kreativitas dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan kreativitas siswa lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan. Pada aspek kreativitas siswa dalam elaborasi yaitu siswa menjadi kreatif dalam mengembangkan konsep atau gagasan karena sebelumnya siswa masih belum mampu mengembangkan gagasannya. Kemudian kesesuaian dengan tema, siswa memahami tema dan dengan mudah memilih flora yang akan dilukis dengan teknik ragam hias. Kemudian dalam keterampilan melukisnya yaitu kerapihan warna hal ini dilihat dari perkembangan hasil karya pada kerapihan warna yang sangat baik menutupi permukaan tote bag dan bentuk motif ragam hias sesuai dengan pemanfaatan ruang pada tote bag. Hasil penilaian akhir pembuatan karya ragam hias pada tote bag siswa memperoleh skor berkisar antara 77,28 sampai 97,17. **** Decorative learning through CTL with video tutorials and PPT learning media can develop student’s creativity and skills and become a refresher for the art and culture learning method that has been applied at SMPN 196 Jakarta. The selection of the tote bag as a painting medium in this study is relevant for students aged 13-15 years because at that age students are in junior high school so that tote bags can be used to carry additional school supplies. The use of video tutorial learning media is able to make it easier for students to understand how to create decorative painting, because video tutorials are very relevant in practical learning by providing an overview of the work process. This research uses descriptive qualitative method with 34 students selected by purposive sampling technique. Collecting data in this study through observation, documents, documentation, questionnaires, interviews, and learning media validation sheets. Assessment of student work using the table Brent G. Wilson with aspects of creativity and skill assessment. The results showed that the development of student’s creativity was higher than that of skills. In the aspect of student creativity in elaboration, students become creative in developing concepts or ideas because previously students were still not able to develop their ideas. Then according to the theme, students understand the theme and easily choose the flora to be painted with decorative techniques. Then in his painting skills, namely the color tidiness, this can be seen from the development of the work in the color tidiness which very well covers the surface of the tote bag and the shape of the decorative motifs according to the use of space on the tote bag. The results of the final assessment of making decorative works on student’s tote bags obtained scores ranging from 77.28 to 97.17.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. R.A Ataswarin Oetopo M.Pd. ; 2). Ririn Despriliani S.Pd, M.Si.
Subjects: Kesenian > Seni Lukis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 16480 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2022 05:14
Last Modified: 12 Oct 2022 05:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35993

Actions (login required)

View Item View Item