PENGARUH TEKANAN, KESEMPATAN, RASIONALISASI, DAN STRES AKADEMIK TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN DARING

ANINDYA MENTARI CAHYANI, . (2022) PENGARUH TEKANAN, KESEMPATAN, RASIONALISASI, DAN STRES AKADEMIK TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN DARING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan, kesempatan, rasionalisasi dan stres akademik terhadap kecurangan akademik pada pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan analisis regresi berganda. Alat ukur pada tekanan, kesempatan, rasionalisasi serta kecurangan akademik dikonstruksi oleh Christiana, Kristiani & Pangestu (2021) dan stres akademik menggunakan skala Persepsi Stres Akademik dari Bedewy dan Gabriel (2015) yang diadaptasi oleh Affani (2021). Sampel pada penelitian ini berjumlah 202 mahasiswa aktif yang pernah atau sedang menjalani pembelajaran daring selama pandemi dengan menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan pada tekanan dan rasionalisasi terhadap kecurangan akademik. Sementara itu, tidak terdapat pengaruh secara signifikan pada kesempatan dan stres akdemik terhadap kecurangan akademik. **** The aim of this study is to determine the effect of pressure, opportunity, rationalization, and stress academic on academic fraud in online learning. This study used quantitative methods with multiple regression analysis. Pressure, opportunity, rationalization, and academic cheating is using measuring instrument that were constructed by Christiana, Kristiani & Pangestu (2021) and academic stress using the Academic Stress Perception scale from Bedewy and Gabriel (2015) which was adapted by Affani (2021). The sample in this study was 202 active students who had or are currently undergoing online learning during the pandemic by using convenience sampling technique. The results of this study indicate that there is a significant effect on pressure and rationalization of academic cheating. Meanwhile, opportunity and stress academic have no significant effect on academic fraud.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) ANNA ARMEINI RANGKUTI, M.Si 2) GITA IRIANDA RIZKYANI MEDELLU, M.Psi
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 16444 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:28
Last Modified: 15 Sep 2022 06:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/35996

Actions (login required)

View Item View Item