ASPEK LANDESKUNDE DALAM BUKU AJAR "DEUTSCH ECHT EINFACH A1.1"

DELIMA PUSPITA WATI, . (2022) ASPEK LANDESKUNDE DALAM BUKU AJAR "DEUTSCH ECHT EINFACH A1.1". Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis informasi Landeskunde yang terdapat dalam buku ajar Deutsch Echt Einfach A1.1 karya Giorgio Motta, Silvia Dahmen, E. Danuta Machowiak, dan Jan Szurmant. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik studi dokumentasi atau menganalisis dokumen. Dokumen yang diteliti adalah buku ajar bahasa Jerman Deutsch Echt Einfach A1.1. Data yang dianalisis pada penelitian ini mencakup teks dan dialog yang terintegrasi pada gambar dalam setiap materi dan latihan yang memiliki salah satu dari 4 keterampilan berbahasa dan terdapat pada setiap Lektion dalam buku ajar Deutsch Echt Einfach A1.1 Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa terdapat keseluruhan 39 data dari aspek Landeskunde dalam buku ajar “Deutsch Echt Einfach A1.1” berdasarkan teori “Stockholmer Kriterienkatalog” yang dikemukakan oleh Krumm dalam buku Kast & Neuner tahun 1994. Terdapat 5 dari 8 kriteria analisis menurut Krumm yang dapat ditemukan pada buku ajar ini, yaitu Die Menschen, die im Lehrwerk vorkommen (aspek tokoh yang disajikan dalam buku ajar), Der Alltag im Lehrwerk (aspek kebiasaan sehari-hari), Geographie und Wirtschaftsleben (aspek geografi dan kehidupan ekonomi), Kultur (aspek budaya), dan yang terakhir Darstellung des eigenen Landes (aspek penggambaran negara sendiri). Kriteria analisis “Der Alltag im Lehrwerk” atau aspek kebiasaan sehari-hari merupakan aspek yang paling banyak ditemukan di dalam buku ajar, yaitu berjumlah 25 data. Serta terdapat 3 kriteria yang tidak dapat ditemukan sama sekali pada buku ajar, yaitu Die Gesellschaft (politische, wirtschaftliche und gesellschaftliche Verhältnisse) atau aspek kemasyarakatan (sistem politik, perekonomian dan hubungan antar masyarakat), Literatur (aspek karya sastra), dan juga kriteria analisis Geschichte atau aspek sejarah. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini adalah aspek Landeskunde yang disediakan pada buku ajar ini cukup banyak dan beragam, baik secara implisit dan eksplisit. Buku ajar ini juga dapat digunakan sebagai bahan materi untuk pengajar maupun peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa Jerman di Sekolah Menengah Atas/Kejuruan. *********** This study aims to analyze the Landeskunde information contained in the textbook "Deutsch Echt Einfach A1.1". This study uses a qualitative method. The data analyzed in this study include text and dialogue that are integrated in images in each material and exercise that has one of 4 language skills and is found in each Lektion. Based on the results of the analysis, it is known that there is a total of 39 datas from the Landeskunde aspects in the textbook "Deutsch Echt Einfach A1.1" based on the theory proposed by Krumm in the book of Kast & Neuner in 1994. There are 5 out of 8 analysis criteria which can be found in this textbook, namely aspects of characters presented in textbooks, aspects of daily habits in textbook, aspects of geography and economic life, aspects of cultural, and aspects of the depiction of the country. The analysis criteria "daily habits in textbook” is the aspect that is found most often in the textbook, which is 25 data. And there are 3 criteria that cannot be found at all in the textbook, namely aspects of social (political system, economy and relations between communities, aspects of literary works), and also analysis criteria aspects of historical. The conclusion obtained in this study is that the Landeskunde aspects provided in this textbook are quite numerous and varied, both implicitly and explicitly. This textbook can also be used as material for teachers and students in the process of learning German in Senior High/Vocational High Schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Uryadi, M.Pd. ; 2). Fauzan Adhima, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 16225 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:04
Last Modified: 23 Sep 2022 02:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36168

Actions (login required)

View Item View Item