HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MAN 3 RAWASARI JAKARTA TIMUR

LISNAENI, . (2013) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MAN 3 RAWASARI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB 1 mpe 5.pdf

Download (434kB)
[img] Text
cover indo-arab.pdf

Download (31kB)
[img] Text
daftar isi pnya lisna.pdf

Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh deskripsi yang jelas tentang proses pembelajaran bahasa Arab di MAN 3 Rawasari Jakarta Timur dari segi Kemandirian siswa tersebut dalam proses balajar mengajar yang di lakukan di sekolah tersebut. Katergantungan terhadap orang lain membuat siswa sulit untuk belajar mandiri. Kemandirian belajar di tujukan untuk membantu siswa lebih percaya diri, menunjukkan kelebihan yang dimilikinya, mampu mengerjakan tugas tanpa bantuan orang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasi antara dua variabel dengan teknik pengumpulan data melalui pembagian angket, dan meminta nilai akhir bahasa arab siswa. Dari hasil penelitian ini dapat di ketahui bahwa dalam kemandirian belajar terdapat beberapa indikator yang meliputi : 1. Mencukupi kebutuhan sendiri, 2. Mampu mengerjakan tugas rutin, 3. Memiliki kemampuan inisiatif, 4. Mampu mengatasi masalah, 5. Percaya diri, dan 5. Dapat mengambil keputusan dalam memilih. Dari perhitungan statistik Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa menghasilkan rata-rata = 79,43 varians = 10,599 modus = 75 dan median = 79,00. Adapun Kemandirian belajar menghasilkan rata-rata = 75,23 varians = 241,220 modus = 73 dan median = 76,00. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi dan korelasi. Sebelum itu, dilakukan uji persyaratan analisis yang mencakup Uji normalitas pada Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa menggunakan Liliefors pada α= 0,01 menghasilkan Lhitung = 0,311 < Ltabel = 0,187 maka data tersebut normal. Adapun kemandirian belajar menghasilkan Lhitung =0,163 < Ltabel = 0,187 maka data tersebut tidak normal. Uji linieritas pada α= 0,05 menghasilkan F hitung = 0,627 < F tabel = 4,20 maka data tersebut linier. Dan Uji keberartian regresi pada pada α= 0,05 menghasilkan F hitung = 0,627< F tabel = 7,88 maka data tersebut tidak signifikan. Perhitungan uji linieritas dengan persamaan regresi linier menghasilkan Ŷ=77,100 + 0,031 X. Dan uji perhitungan koefisien korelasi menghasilkan rtabel pada n= 30 yaitu 0,148. rtabel = 0,148 maka dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara variabel x dan y. Perhitungan uji signifikansi koefisien korelasi menggunakan uji-t pada α=0,05 menghasilkan thitung = 0,726 dan ttabel = 1,70. Jika thitung =0,726 < ttabel =1,70, maka tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel x dan y. Adapun perhitungan uji koefisien determinasi sebesar 2.1% Dari hasil tersebut diinterpretasikan bahwa keterampilan menulis ditentukan oleh penguasaan kosa kata sebesar 2.1%. atau dapat dikatakan semakin tinggi hasil belajar bahasa arab siswa tidak berarti tinggi pula kemandirian belajar siswa tersebut, untuk itu siswa juga perlu bergantung kepada orang lain dalam hal belajar seperti mengerjakan tugas bersama teman, bertanya kepada teman atau guru jika tidak mengerti dalam suatu pelajaran, belajar bersama teman untuk memperdalam materi pelajaran yang telah didapat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2022 06:49
Last Modified: 20 Sep 2022 06:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36230

Actions (login required)

View Item View Item