NURUL HIDAYATI, . (2010) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DALAM MENYAMPAIKAN IDE MELALUI PIDATO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI NURUL HIDAYATI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Siswa di Indonesia telah mempelajari bahasa Inggris sejak mereka di Sekolah Dasar. Sayangnya, mereka masih menemukan kesulitan-kesulitan ketika mereka berbicara dalam bahasa Inggris. Faktor faktor seperti; takut membuat kesalahan dalam berbicara, kekurangan kosakata malu, dan berbicara dengan stuktur bahasa yang salah merupakan kesulitan yang paling sering dihadapi oleh siswa untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Untuk mengatasi masalah ini, guru sebaiknya mempersiapkan bermacam-macam kegiatan berbicara yang bermanfaat bagi perkembangan berbicara siswa. Pidato sebagai salah satu kegiatan berbicara dapat digunakan di kelas untuk mengembangkan kemampuan berbicara siswa dalam menyampaikan ide siswa. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini maka digunakan suatu tindak kaji penelitian untuk mengamati aktivitas dan penampilan siswa yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan berbicara mereka. Penelitian ini dilakukan di SMA Wijaya, Sunter Jakarta. Seorang guru bahasa Inggris dan satu kelas 11 IPS 1 yang terdiri dari 30 siswa telah terlibat dalam penelitian ini. Pengamatan kelas dilakukan dari bulan Oktober sampai Desember. Data telah diolah dengan memfokuskan pada perkembangan kemampuan berbicara siswa ketika mereka menyampaikan ide di dalam pidato. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya perkembangan dan peningkatan kemampuan berbicara siswa dalam menyampaikan ide melalui pidato. Ada dua pendapat berkenaan dengan penerapan pidato. Pertama, 90 % dari siswa (28 siswa) setuju bahwa pidato dapat diterapkan di dalam kelas berbicara mereka untuk membantu meningkatkan kemampuan berbicara dalam menyampaikan ide. Kedua, 10 % dari mereka (2 siswa) tidak setuju pidato dapat membantu meningkatkan kemampuan berbicara dalam menyampaikan ide. ***** The students in Indonesia have learned English since they are at Elementary School. Unfortunately, they still find problems when they have to speak English. To overcome the students’ problems, teachers should take various speaking activities that can be useful for the students’ development. Speech as one of the speaking activities can be used in the classroom to develop students’ ability in delivering their idea. To achieve the purpose of the study, an action research was conducted to observe students’ performances and activities which showed their speaking development. The study was conducted at SMA Wijaya Sunter Jakarta. An English teacher as a collaborator and one class of XI IPS 1 which consisted of 30 students were involved in this study. Classroom Observations were conducted from October to December. The data were analyzed by focusing on the students’ speaking development when they are delivering idea in speech activity. The results of the study showed that there were improvements of student’ speaking ability in delivering idea through speech. There were two opinions toward the application of speech. First, 90 % of the students (28 students) agreed that speech can be used as their speaking activity to improve students’ speaking ability. Second, is 10 % of them (2 students) disagree that speech can improve their speaking ability in delivering idea.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Mrs. Hasnini Hasra, M. Hum ; 2). Helena Damongilala, M. Pd |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 14685 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 02:45 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 02:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36403 |
Actions (login required)
View Item |