ANNISAA MARYAMA, . (2022) PENGEMBANGAN BOOKLET PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN TEMA SELF-DEVELOPMENT UNTUK PEMBELAJARAN MANDIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MURSYID IBRAHIM JABAL LUBUK RAYA, DESA HURABA, KEC. ANGKOLA TIMUR, KAB. TAPANULI SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (713kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk pengembangan berupa booklet cetak pendidikan karakter dan pengembangan diri yang berjudul “Kiat-Kiat Asyik Belajar Disiplin, Rasa Ingin Tahu, dan Cinta Damai” di Pondok Pesantren Mursyid Ibrahim Jabal Lubuk Raya, Desa Huraba, Desa Huraba, Kec. Angkola Timur, Kab. Tapanuli Selatan. Tujuan selanjutnya dari penelitian ini yaitu untuk menguji kelayakan media dan penggunaan booklet cetak yang telah dikembangkan. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian karya inovatif dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil kelayakan pengembangan media dilakukan melalui tahapan uji validasi ahli media, ahli materi, dan pengguna. Objek pada penelitian yang dikembangkan adalah media booklet cetak pendidikan karakter sedangkan subjek pada penelitian yaitu ahli materi, ahli media, dan sejumlah 15 siswa dari kelompok remaja dengan rentang usia 12-13 tahun. Hasil akhir pada kelayakan booklet cetak mencapai 92,5% oleh ahli media dengan kriteria sangat layak. Sedangkan untuk ahli materi mencapai 93% dengan kriteria sangat layak. Dan untuk pengguna didapati hasil akhir penilaian terhadap kelayakan booklet cetak ini dengan tingkat presentase 84% yang juga masuk pada kategori sangat layak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu produk booklet cetak yang dikembangkan telah lolos uji kelayakan dan layak untuk digunakan. ***** This study aims to produce a development product in the form of a printed booklet of character education and self-development entitled "Tips for Fun Learning Discipline, Curiosity, and Love of Peace" at Mursyid Ibrahim Islamic Boarding School Jabal Lubuk Raya, Huraba, East Angkola, South Tapanuli. The next objective of this research is to test the feasibility of the media and the use of printed booklets that have been developed. This research is an innovative type of research with the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The results of the feasibility of media development are carried out through the validation test stages of media expert, material expert, and users. The object of the research that was developed was the character education printed booklet media, while the subjects in the study were material experts, media experts, and 15 students from the teenage group with an age range of 12-13 years old. The final result on the feasibility of printed booklets reached 92.5% by media experts with very feasible criteria. Meanwhile, material experts reached 93% with very feasible criteria. And for users, the final result of the assessment of the feasibility of this printed booklet with a percentage rate of 84% which is also included in the very feasible criteria. The conclusion of this study is that the printed booklet product developed has passed the feasibility test and is suitable for use.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Daddy Darmawan M.Si. ; 2). Dr. Puji Hadiyanti, M.Si. |
Subjects: | Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Users 16547 not found. |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 07:39 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 07:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36479 |
Actions (login required)
View Item |