PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KESADARAN SOSIAL (SOCIAL AWARENESS) (Studi Kasus: Followers pada Akun Media Sosial Twitter NGO @KontraS)

AFIFAH AMALINA, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KESADARAN SOSIAL (SOCIAL AWARENESS) (Studi Kasus: Followers pada Akun Media Sosial Twitter NGO @KontraS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penggunaan media sosial terhadap Kesadaran Sosial (Social Awareness) (Studi Kasus: Followers pada Akun Media Sosial Twitter @KontraS) khususnya pada generasi millenial. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) variabel, variabel independen (bebas) untuk penggunaan media sosial yaitu: context, communication, collaboration dan connection. Selanjutnya, variabel dependen (terikat) dalam penelitian ini adalah kesadaran sosial (social awareness) yaitu tacit awareness dan focal awareness. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey yang terdiri dari 2 (dua) variabel, yaitu penggunaan media sosial (X) dan kesadaran sosial (social awareness) (Y). Proses pengumpulan data, analisis, dan penulisan penelitian skripsi dilakukan peneliti dalam rentang waktu Desember 2021 – Juli 2022. Populasi sampel merupakan followers akun media sosial twitter @KontraS dengan menggunakan teknik sampling non probability sapmling dengan spesifikasi purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 140 followers akun media sosial twitter @KontraS yang termasuk kedalam generasi millenial, yakni angkatan yang lahir pada 1980 – 2000an awal. Untuk pengolahan data, data diolah dengan menggunakan SPSS versi 25 untuk kemudian dianalisis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial, dalam hal ini peneliti menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh penggunaan media sosial terhadap kesadaran sosial (social awareness) memiliki pengaruh sejumlah 99,4%. Kesadaran sosial yang dipengaruhi oleh penggunaan media sosial menghasilkan kesadaran fokus (focal awareness) lebih dominan sejumlah 74% dan kesadaran diam-diam (tacit awareness) sejumlah 60%. Sedangkan berdasarkan uji koefisien determinasi, menunjukkan bahwa penggunaan media sosial (X) dapat menjelaskan pengaruhnya sebesar 50,2% terhadap kesadaran sosial (social swareness). Sedangkan sisanya sebanyak 49,8% (100%-50,2%) di pengaruhi oleh variabel lain yang dalam hal ini tidak diteliti. ***** This study aims to measure the effect of using social media on Social Awareness (Case Study: Followers on Twitter @KontraS Social Media Account) especially in the millennial generation. This study consists of 2 (two) variables, the independent variables for the use of social media, namely: context, communication, collaboration and connection. Furthermore, the dependent variable in this study is social awareness, namely tacit awareness and focal awareness. The study uses a quantitative approach with a survey method consisting of 2 (two) variables, namely the use of social media (X) and social awareness (Y). The process of data collection, analysis, and writing of research thesis is carried out by researchers in the period December 2021 – July 2022. The sample population is followers of the Twitter social media account @KontraS using non-probability sampling sampling technique with purposive sampling specifications. The sample of this study consisted of 140 followers of the Twitter social media account @KontraS who belonged to the millennial generation, namely those born in the early 1980s - 2000s. For data processing, the data was processed using SPSS version 25 for later analysis. The data analysis technique used descriptive and inferential analysis, in this case the researcher used simple linear regression analysis. The results showed that the effect of media use on social awareness had an effect of 99.4%. Social awareness that is influenced by the use of social media results in 74% more dominant focal awareness and 60% awareness. Based on the coefficient of determination test, it shows that the use of social media (X) can explain the effect of 50.2% on social awareness (social swareness). While the remaining 49.8% (100%-50.2%) was influenced by other variables which in this case were not examined.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Meila Riskia Fitri, S.Pd., M.A 2). Prima Yustitia Nurul Islami, S.KPm., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 15295 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2022 00:10
Last Modified: 04 Nov 2022 01:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36541

Actions (login required)

View Item View Item