NURUL FITRIYANI, . (2022) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN LITERASI DIGITAL DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK PADA MATERI ANIMALIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (139kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran berbasis digital bersifat student centered dengan tingkat interaksi antara peserta didik dan guru yang rendah. Kecerdasan emosional dan literasi digital yang tinggi akan meningkatkan pasrtisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran dan membantu peserta didik untuk dapat menghindari pemanfaatan media digital ke arah aktivitas yang negatif sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan literasi digital dengan hasil belajar biologi peserta didik pada materi animalia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan sampel sebanyak 106 siswa. Hasil uji prasayarat diketahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi berganda. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar peserta didik pada materi animalia, hubungan positif antara keterampilan literasi digital dengan hasil belajar peserta didik pada materi animalia dan terdapat hubungan positif kecerdasan emosional dan literasi digital dengan hasil belajar peserta didik pada materi animalia. Koefisien korelasi antara kecerdasan emosional dan literasi digital dengan hasil belajar biologi sebesar 0,392 dengan koefisien determinasi sebesar 0,15, artinya kecerdasan emosional dan literasi digital memberikan kontribusi 15% terhadap hasil belajar biologi pesertad didik, sedangkan 85% ditentukan oleh faktor lain. ***** Digital-based learning is student centered with a low level of interaction between students and teachers. High level of emotional intelligence and digital literacy will increase student participation in the learning process and will help students to avoid using digital media towards negative activities so that the learning process becomes more effective. This study aimed to investigate the relationship between emotional intelligence and digital literacy with student biology learning outcomes on animalia topics. This research used a descriptive correlation with 106 students sample. Prerequisite test results are known that the data is normally distributed and homogeneous. The data analysis technique used is multiple correlation. Based on the data analysis, it can be concluded that there is a positive relationship between emotional intelligence and student learning outcomes on animalia material, the positive relationship between digital literacy and student learning outcomes on animalia material and there is a positive relationship between emotional intelligence and digital literacy with student learning outcomes on animalia topics. The correlation coefficient is 0.393 and the coefficient determination result is 0.15 which means that emotional intelligence and digital literacy contributes 15% to student biology learning outcomes on animalia topics and 85% is supported by other factors.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ratna Komala, M.Si. ; 2). Dra. Ratna Dewi Wulaningsih., M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Psikologi Pendidikan Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 15994 not found. |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 02:23 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 02:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36557 |
Actions (login required)
View Item |