INDIRA DAMAYANTHI, . (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN (Penelitian Tindakan di Kelompok A TK Al Kautsar 2 Kabupaten Bekasi, Tahun 2019). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf Download (802kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
Abstract
Matematika memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan matematika pada setiap sisi kehidupan menjadikan matematika sebagai cabang ilmu yang wajib dipelajari pada setiap jenjang pendidikan. Pemahaman mengenai konsep bilangan menjadi salah satu dasar dalam mempelajari matematika. Pemahaman yang benar mengenai konsep bilangan akan memudahkan anak usia dini dalam menerima berbagai konsep baru pada bidang matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui bercerita pada anak usia dini. Bercerita adalah salah satu metode yang menyenangkan dan sarat makna. Proses pemahaman sebuah konsep pada anak usia dini akan mudah diterima apabila dalam pelaksanaannya dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Melalui bercerita, imajinasi anak akan semakin tinggi sehingga daya cipta dan nalar anak akan meningkat seiring dengan alur cerita yang disisipi pesan mengenai konsep bilangan tersebut, sehingga penggunaan metode bercerita dengan memasukkan unsur konsep bilangan pada bagian isi cerita akan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini. Observasi awal yang dilakukan pada siswa Taman kanak-kanak Al Kautsar 2 Bekasi – Indonesia, terdapat 88.9 % dari 18 siswa belum memahami konsep bilangan dengan baik. Motivasi siswa usia 4-5 tahun dalam mempelajari konsep bilangan masih rendah. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan terjadi peningkatan pemahaman konsep bilangan sebanyak 95% Mathematics has a very important role in everyday life. The use of mathematics on every side of life makes mathematics a branch of knowledge that must be studied at every level of education. An understanding of the concept of numbers is one of the basics in learning mathematics. A correct understanding of the concept of numbers will facilitate early childhood in accepting new concepts in the field of mathematics. This study focuses on increasing the ability to understand the concept of numbers through telling stories in early childhood. Storytelling is one method that was fun and full of meaning. The process of understanding a concept in early childhood will be easily accepted if it is carried out in a fun way. Through storytelling, children's imagination will be higher so that children's creativity and reason will increase along with the story line inserted message about the concept of numbers, so that the use of storytelling method by including elements of number concepts in the story content will increase the ability to understand the concept of numbers in children early age. The first observation made on Al Kautsar 2 Kindergarten students in Bekasi - Indonesia, there were 88.9% of 18 students did not understand the concept of numbers well. Motivation of students aged 4- 5 years in learning the concept of numbers is still low. After taking action using the hand puppet story telling method there was an increase in understanding of the concept of numbers by 95%
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Hapidin, M.Pd 2) Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 16665 not found. |
Date Deposited: | 21 Nov 2022 06:16 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 06:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36664 |
Actions (login required)
View Item |