PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FUNDAMENTAL MOTOR SKILLS BERBASIS TEAM GAMES TOURNAMENT (FUNDAMENTAL TOURNAMENT MODELS) UNTUK ANAK KELAS ATAS SEKOLAH DASAR

FAHRUDIN, . (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FUNDAMENTAL MOTOR SKILLS BERBASIS TEAM GAMES TOURNAMENT (FUNDAMENTAL TOURNAMENT MODELS) UNTUK ANAK KELAS ATAS SEKOLAH DASAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Pengembangan Model Pembelajaran Fundamental Motor Skills Berbasis Team Games Tournament (TGT) untuk Anak Kelas Atas Sekolah Dasar bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Fundamental Motor Skills dengan dasar kompetisi. Pembelajaran Gerak melalui permainan kompetisi kelompok sesuai tahapan dalam Tipe TGT ini dapat menciptakan sikap positif pada anak dalam mengembangkankerjasama, percaya diri, mandiri serta bertanggung jawab dengan apa yang mereka lakukan dan usahakan untuk diri sendiri dan kelompok. Pengembangan model pembelajaran ini, di implementasikan dengan konsep pembelajaran gerak langsung pada konteks pembelajaran dan kompetisi kelompok. Sehingga pengembangan keterampilan danpengembangan gerak anak di pandang akan lebih berkembang secara optimal karena dihadapkan dengan siatuasi nyata yang harus dilakukan, bukan suatu pembelajaran gerak dasar konvensional yang bersifat drilling atau pengulangan untuk memperoleh kecakapan gerak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development(R&D) Borg and Gall, dalam mengembangkan Fundamental Tournament Models terlebih dahulun melalui validasi ahli dan praktisi yang selanjutnya di lakukan ujicoba kelompok kecil pada sekolah dasar SDN Kalangsurya III berjumlah 10 siswa dan Ujicoba kelompok besar pada sekolah SDIT Salman Al-Farisy Rengasdengklok berjumlah 20 siswa, dari tahapan tersebut menghasilkan “Fundamental Tournament Models” yang dinyatakan layak di terapkan pada anak kelas atas sekolah dasar. Kemudian berlanjut pada uji efektivitas yang dilaksanakan di Kabupaten Bekasi yaitu SDN Bantarjaya 01 sebagai kelas eksperimen dan SDN Sumberurip 01 sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini yaitu Fundamental Motor Skills Assessment (FMSA) berupa tes gerak dasar yang standar dan baku dengan 10 item. Dari hasil uji efektifitas terhadap 20 variasi model pembelajaran “Fundamental Tournament Models” diperoleh dari hasil uji N-Gain hasil mean kelompok eksperimen sebesar 53.078 dan mean kelompok kontrol sebesar 10.916. Hasil Uji Independent sampel test bagian Equal variances not assumed diketahui Sig. (2- tailed) sebesar 0,00 < 0,05, nilai t t hitung sebesar 10.713 > t tabel 2,024, maka berdasarkan pengambilan keputusan melalui hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada perbedaan rata-rata hasil Fundamental Motor Skill Kelompok Eksperimen dengan Kelompok Kontrol atau kata lain penerapan Pengembangan Model Pembelajaran Fundamental Motor Skills Berbasis Team Games Tournament (Fundamental Tournament Models) untuk Anak Kelas Atas Sekolah Dasar yang diberikan kepada kelompok eksperimen menghasilkan hasil yang berbeda dan lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan perlakuan pembelajaran gerak dasar secara konvensional. ********** Research on Development of Fundamental Motor Skills Learning Model Based on Team Games Tournament (TGT) for Upper Grade Elementary School Children aims to develop a Motor Skills Fundamental learning model based on competition. The development of this learning model is implemented with the concept of direct motion learning in the context of learning and group competition. This study uses the Research and Development (R&D) Borg and Gall development model, in developing the Fundamental Tournament Models first through expert and practitioner validation, which is then carried out in small group trials at SDN Kalangsurya III elementary schools totaling 10 students and large group trials at SDIT schools. Salman Al-Farisy Rengasdengklok totaled 20 students, from this stage produced "Fundamental Tournament Models" which were declared feasible to be applied to upper grade elementary school children. The test instrument used in this study is the Fundamental Motor Skills Assessment (FMSA) in the form of a standard and standardized basic movement test with 10 test items. From the results of the effectiveness test on 20 variations of the "Fundamental Tournament Models" learning model, it was obtained from the results of the N-Gain test, the results of the experimental group mean of 53,078 and the control group's mean of 10,916. The results of the Independent sample test for the Equal variances not assumed part are known to Sig. (2-tailed) of 0.00 < 0.05, the value of t count is 10,713 > t table of 2,024, so based on decision making through the results obtained, it can be concluded that the Development of Motor Skills Fundamental Learning Models Based on Team Games Tournament (Fundamental Tournament Models) for Elementary School Upper Grade Children who were given to the experimental group produced different and better results compared to the control group with conventional basic movement learning treatment.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Firmansyah Dlis, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Atletik
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 15789 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:13
Last Modified: 06 Jan 2023 01:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36703

Actions (login required)

View Item View Item