PEMASARAN PENDIDIKAN TINGGI: STUDI MULTI SITUS PADA PENDIDIKAN TINGGI KEAGAMAAN BUDDHA (PTKB) DI JAWA TENGAH (STAB Negeri Raden Wijaya dan STIAB Smaratungga)

WIDIA DARMA, . (2023) PEMASARAN PENDIDIKAN TINGGI: STUDI MULTI SITUS PADA PENDIDIKAN TINGGI KEAGAMAAN BUDDHA (PTKB) DI JAWA TENGAH (STAB Negeri Raden Wijaya dan STIAB Smaratungga). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
LAMPIRAN _.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan strategi pemasaran pendidikan tinggi keagamaan Buddha pada dua situs penelitian; STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri dan STIAB Smaratungga. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus multi situs. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan konsep yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi Pengujian keabsahan data melalui triangulasi sumber data dan triangulasi Teknik. Hasil Penelitian ini; 1) STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri dan STIAB Smaratungga pemetaan yang dilakukan masih dalam gambaran besar belum melakukan pemetaan pelanggan secara terukur, sistematis dan terencana baik dalam bentuk data kuantitatif ataupun kualitatif. 2) STAB Negeri Raden Wijaya melakukan strategi pemasaran dengan melakukan berbagai pendekatan seperti; memasang baliho, datang langsung ke pelanggan bertemu dengan pelanggan, menyebar brosur dan bekerjasama dengan berbagai stakeholder, serta melakukan pemasaran dengan menggunakan media digital seperti melalui media sosial dan website. Demikian halnya dengan STIAB Smaratungga, namun STIAB Smaratungga memiliki keunikan strategi pemasaran dengan melalui pendekatan keagamaan khususnya adalah peran penting dari figur anggota Sangha. 3) Strategi pemasaran yang efektif yang dilakukan oleh kedua PTKB pada situs penelitian yaitu; pada STAB Negeri Raden Wijaya adalah pemasaran dengan datang langsung bertemu dengan pelanggan atau calon mahasiswa serta melalui media digital. Pada STIAB Smaratungga pemasaran yang efektif yaitu pemasaran dengan peran figur anggota sangha yang memiliki pengaruh besar di masyarakat Buddha serta program beasiswa dan sekolah yang di bangun oleh para anggota Sangha dan mitra dari STIAB Smaratungga, selain itu pemasaran melalui media digital juga dirasa cukup efektif. 4) Terkait dengan permasalahan dan tantangan pemasaran di STAB Negeri Raden Wijaya permasalahan internal terkait alokasi anggaran untuk promosi yang belum maksimal, kemudian di STIAB Smaratungga yang menjadi permasalahan internal adalah terbatasnya SDM dalam melakukan pemasaran, kemudian kedua perguruan tinggi tersebut memiliki tantangan dalam pemasaran pendidikan tinggi antara lain persaingan antar PTKB, kondisi sosial ekonomi masyarakat Buddha dan paradigma berpikir masyarakat Buddha terkait dengan manfaat dan keberadaaan PTKB. The purpose of this study is to describe the marketing strategy of Buddhist higher education at two research sites; State STAB Raden Wijaya Wonogiri and STIAB Smaratungga. This study uses a qualitative research approach with a multi-site case study method. The data collection technique in this research used observation, interview and documentation studies. Data analysis was carried out with the concept developed by Miles and Huberman which consisted of three flows, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. Testing the validity of data through triangulation of data sources and triangulation of techniques. The results of this study; 1) STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri and STIAB Smaratungga the mapping carried out is still in the big picture and has not yet carried out customer mapping in a measurable, systematic and planned manner, either in the form of quantitative or qualitative data. 2) STAB Negeri Raden Wijaya carried out a marketing strategy by taking various approaches such as; installing billboards, coming directly to customers to meet customers, distributing brochures and collaborating with various stakeholders, and doing marketing using digital media such as through social media and websites. Likewise with STIAB Smaratungga, but STIAB Smaratungga has a unique marketing strategy through a religious approach, especially the important role of Sangha member figures. 3) The effective marketing strategies carried out by the two PTKB at the research site are; at STAB Negeri Raden Wijaya is marketing by coming directly to meet customers or prospective students and through digital media. At STIAB Smaratungga, effective marketing is marketing with the role of sangha members who have a big influence in Buddhist society as well as scholarship and school programs built by Sangha members and partners from STIAB Smaratungga, besides that marketing through digital media is also considered quite effective. 4) Related to marketing problems and challenges at STAB Negeri Raden Wijaya, internal problems related to budget allocation for promotions that have not been maximized, then at STIAB Smaratungga the internal problem is the limited human resources in marketing, then the two universities have challenges in marketing higher education including competition between PTKB, socio-economic conditions of the Buddhist community and the paradigm of thinking of the Buddhist community related to the benefits and existence of PTKB.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Dr. Nurhattati Fuad, M.Pd 2). Dr. Matin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 16711 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:06
Last Modified: 01 Feb 2023 02:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36740

Actions (login required)

View Item View Item