HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN KONSEP DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENGUKURAN PADA SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN PULOGADUNG JAKARTA TIMUR

Alberth Supriyanto Manurung, . (2013) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN KONSEP DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENGUKURAN PADA SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN PULOGADUNG JAKARTA TIMUR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

The objective of the research is to determine the relationship between achievement motivation and self concept student with mathematic learning result. The study makes use of survey method which implements regression and multiple correlation technique. The research was conducted at SDN Jati 3 Pulo Asem dan SDN Jati 6 Perhubungan, kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur with n=57 using Cluster Sampling technique. The result of research show; (1) there is a positive corelation betwen achievement motivation with mathematic learning result; (2) there is a positive corelation betwen self concept student with mathematic learning result and (3) there is a positive corelation between achievement motivation and self concept student cooperatively with mathematic learning result. Based on the result of research, the students mathematic learning result could be enhanced by increasing achievement motivation and accommodating self concept student, since the result of verification simply be able to prove the achievement motivation and self concept student to be significant determinant factors.************Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan antara motivasi berprestasi dan konsep diri siswa dengan hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan mengunakan teknik analisis regresi dan korelasi sederhana, regresi dan korelasi ganda. Penelitian ini dilakukan di SDN Jati 3 Pulo Asem dan SDN Jati 6 Perhubungan, kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur dengan n=57 dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika; (2) terdapat hubungan positif antara konsep diri siswa dengan hasil belajar matematika dan (3) terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dan konsep diri siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar matematika dapat ditingkatkan dengan meningkatkan motivasi berprestasi dan mengakomodir konsep diri siswa, karena hasil verifikasi membuktikan bahwa motivasi berprestasi dan konsep diri siswa menjadi faktor-faktor penentu yang signifikan.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Moch. Syarif Sumantri, M.Pd ; 2). Dr. Nurjannah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 708 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2023 04:53
Last Modified: 10 Feb 2023 04:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36777

Actions (login required)

View Item View Item