PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN RIAS WAJAH GERIATRI BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATA KULIAH TATA RIAS WAJAH PADA PENDIDIKAN TATA RIAS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ANNISA ETIKA RANI, . (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN RIAS WAJAH GERIATRI BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATA KULIAH TATA RIAS WAJAH PADA PENDIDIKAN TATA RIAS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Articulate storyline sebagai perangat lunak untuk menggabungkan komponen teks, video, audio, animasi, dan lainnya menjadi kesatuan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul pembelajaran tata rias wajah geriatri pada Program Studi Pendidikan Tata Rias. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode riset dan pengembangan dengan model Pengembangan ADDIE. Pada pengembangan ADDIE terdapat 5 tahapan, yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Pada tahap evaluasi peneliti menggunakan instrumen kuisioner yang dibagikan kepada ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan 35 mahasiswa yang telah mendapatkan materi tata rias wajah geriatri untuk mengetahui kelayakan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji coba ahli materi tahap 1=79% dan tahap 2=91%, uji coba ahli media tahap 1=74.4%dan tahap 2=88.8%, uji coba ahli bahasa tahap 1=90% dan tahap 2=96%. Penelitian ini juga melakukan uji praktikalitas pada kelompok kecil dengan hasil 82.5% dan uji coba lapangan memperoleh hasil 94.3%. Berdasarkan penelitian yang telah diakukan dalam disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran rias wajah geriatri sudah valid, layak digunakan, dan praktis sebagai media pembelajaran. ***** Articulate Storyline as software for combining text, video, audio, animation, and other components into a unified learning media. This study aims to determine the feasibility of developing product based articulated storyline, the Geriatric Makeup Electronic Module in the Cosmetology Education Study Program. This method used in this study is a Research and Development (R&D) method with the ADDIE development model. In the ADDIE development model, there are 5 stage that must be passed by the researcher: (1)Analysis, (2)Design, (3)Development, (4)Implementation, (5)Evaluation. At the evaluation stage, the researcher used a questionnaire instrument which was distributed to material expert, media experts, linguist, and 35 students who had received material on geriatric makeup to determine the feasibility of the product.The results of this study indicate that in the material expert trial stage 1=79% and stage 2=91%, the media expert trial stage 1=74.4% and stage 2=88.8%, the linguist trial stage 1=90% and stage 2=96%. This study also conducted practicality tests on small groups with 82.5%and field test obtained 94.3%. Based on the research that has been done,it’s concluded that the Geriatric Makeup Electronic Module is valid, feasible to use, and practical as a learning medium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Titin Supiani, M.Pd. ; 2). Z.E. Ferdi Fauzan Putra, S.Pd., M.Pd.T.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 16768 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:19
Last Modified: 21 Feb 2023 03:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36900

Actions (login required)

View Item View Item