BAYU AJI SAPUTRA, . (2023) MEDIA PEMBELAJARAN SMASH SEPAKTAKRAW BERBASIS BOLA GANTUNG ELEKTRIK PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMPN 249 JAKARTA (PENELITIAN PADA MAHASISWA SEMESTER XI TAHUN AKADEMIK 2022/2023 JURUSAN PENDIDIKAN JASMANI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (398kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian media pembelajaran ini adalah menghasilkan produk baru yang dipakai dalam kegiatan proses belajar mengajar teknik lanjutan smash, penelitian ini menggunakan pengembangan metode penelitian research & development ( R & D) dengan ADDIE. Dimana terdapat terdapat ada 5 tahapan model ADDIE, yaitu (1) analisis kebutuhan; (2) desain ; (3) pengembangan; (4) pelaksanaan di lapangan; (5) evaluasi produk. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualititaif dan analisis ststistik deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa SMPN 249 Jakarta sebagai uji coba kelompok kecil. Pada penelitian ini peneliti bekerjasama dengan dosen ahli sepak takraw, dosen ahli Robotik, dan pelatih POPB DKI Jakarta. Uji validasi yang digunakan pada penelitian ini adalah uji coba dengan menggunakan uji justifikasi ahli, dimana model yang telah dibuat di uji cobakan kemudaian dikonsultasikan dan dinilai oleh ahli dalam cabang olahraga sepak takraw, ahli robotik, dan pelatih POPB DKI Jakarta. Media pembelajaran smash yang teliti dalam penelitian ini berjumlah 16 model yang layak dan telah di uji ahli. Produk media pembelajaran smash pada permainan sepak takraw yang teliti dalam penelitian ini bertujuan untuk digunakan oleh guru dan pelatih sebagai pedoman dalam memberikan materi teknik lanjutan smash pada permainan sepak takraw. The purpose of this learning model research is to produce new products that are used in the teaching and learning process activities of advanced smash techniques, this research uses the development of research & development ( R & D) research methods with ADDIE. Where there are 5 stages of the ADDIE model, namely (1) needs analysis; (2) design ; (3) development; (4) implementation in the field; (5) product evaluation. The data were analyzed by qualititative descriptive analysis techniques and quantitative descriptive ststistic analysis. The sample in this study was 20 students of SMPN 249 Jakarta as a small group trial. In this study, researchers collaborated with sepak takraw expert lecturers, Robotik expert lecturers, and POPB DKI Jakarta coaches. The validation test used in this study is a trial using an expert justification test, where the model that has been made in the youth trial is consulted and assessed by experts in the sport of sepak takraw, robotics experts, and POPB DKI Jakarta coaches. Model studied meticulous smash in this study totaling 16 feasible models and has been expertly tested. The product of the smash learning model in the sepak takraw game that is meticulous in this study aims to be used by teachers and coaches as a guide in providing advanced smash technique materials in the sepak takraw game .
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1.) BURHAN BASYIRUDDIN., M.Pd 2.) Dr. IWAN SETIAWAN,., M.Pd |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Sepakbola Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | FIO > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Users 16837 not found. |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 05:47 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 05:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/36961 |
Actions (login required)
View Item |